Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 81 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 81. Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Bab I  Hal 81 Nomor 1 - 4 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 9 di halaman 81. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 1 ips kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Kelas 9 Halaman 81 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab I IPS Kelas 9.
kunci jawaban ips kelas 9 halaman 81 aktivitas kelompok

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 81 Aktivitas Kelompok

1. Kelompokanlah negara-negara yang persentase penduduk perkotaannya kurang dari 50 persen dan lebih dari 50 persen. Tulislah hasilnya pada tabel berikut ini.
Jawaban :

Negara dengan Penduduk Kota Kurang dari 50 Persen,
- Laos
- Myanmar
- Vietnam
- Nepal
- Mongolia
- Yaman

Negara dengan Penduduk Kota Lebih dari 50 Persen,
- Jepang 
- Korea Selatan
- Singapura
- China
- Uni Emirat Arab
- Brunei Darussalam

2. Carilah informasi tentang kondisi ekonomi, sosial, politik dan pendidikan salah satu negara yang masuk kelompok negara dengan penduduk kota kurang dari 50 persen dan lebih dari 50 persen.
Jawaban :

Negara Vietnam dengan penduduk kota kurang dari 50 persen,
- Kondisi Ekonomi : Pemerintah Vietnam memulai pembangunan negara dengan cara bertahap setiap lima tahun. Pendapatan per kapita negara Vietnam pada tahun 2020 mencapai $2.777 per tahunnya.
- Kondisi Sosial : Angka kemiskinan di negara Vietnam masih cukup tinggi yaitu sekitar 11,3% pada tahun 2019, tetapi dengan keterbukaan ekonomi yang baik oleh pemerintah Vietnam telah mampu mengurangi tingkat kemiskinan dengan cukup baik.
- Kondisi Politik : Stabilitas politik di Vietnam cukup baik karena menganut sistem pemerintahan yang satu partai dengan presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.
- Kondisi Pendidikan : Sistem pendidikan di Vietnam dijalankan oleh Kementerian Pendidikan dan Pelatihan. Pendidikan dibagi menjadi lima tingkatan yaitu : prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah menengah, dan pendidikan tinggi. Tujuan utama dari pendidikan di Vietnam adalah "meningkatkan pengetahuan umum masyarakat, melatih sumber daya manusia yang berkualitas, dan memelihara serta mengembangkan bakat".


Negara Singapura dengan penduduk kota lebih dari 50 persen,
- Kondisi Ekonomi : Sumber pendapatan utama Singapura berasal dari Ekspor barang elektronik dan kimia. Pendapatan per kapita negara Singapura pada tahun 2020 mencapai $59.818 per tahunnya.
- Kondisi Sosial : Rendahnya tingkat pengangguran yang hanya 2.9% di Singapura menyebabkan rendahnya pula tingkat kemiskinan di Singapura. Hal ini juga didukung dengan pendapatan per kapita negara Singapura yang cukup tinggi sehingga warga singapura hanya sedikit yang memiliki ekonomi rendah.
- Kondisi Politik : Stabilitas politik di Singapura juga menanut sistem pemerintahan yang satu partai dengan presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.
- Kondisi Pendidikan : Sistem pendidikan di Singapura dikelola oleh Kementrian Pendidikan Singapura. Pendidikan di Singapura termasuk salah satu yang terbaik di Dunia, banyak universitas negeri maupun swasta di Singapura yang menempati posisi teratas universitas terbaik di Dunia.

3. Kondisi ekonomi yang dimaksud pada poin 2 adalah pendapatan per kapita, kondisi sosial menyangkut angka kemiskinan, kondisi politik menyangkut stabilitas politik, dan kondisi pendidikan menyangkut tingkat pendidikan penduduk. 
4. Diskusikan hasilnya melalui diskusi kelompok dan sampaikan hasilnya di depan kelas.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 81 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel