Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 229 Aktivitas Individu

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 229. Bab 4 Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi Bab IV  Hal 229 Nomor 1 - 2. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 9 di halaman 229. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Individu bab 4 ips kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi Kelas 9 Halaman 229 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Individu Bab IV IPS Kelas 9.
kunci jawaban ips kelas 9 halaman 229 aktivitas individu

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 229 Aktivitas Individu

1. Cermati kembali uraian mengenai upaya diplomasi yang dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan
2. Jelaskan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan upaya tersebut pada kolom berikut!
Jawaban :

1) Perundingan Linggarjati
, dilaksanakan di Linggajati, Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 10 November 1946. Dampak dari perundingan ini yaitu Republik Indonesia mendapat pengakuan kedaulatan dari beberapa negara, diantaranya Inggris, Amerika Serikat, Mesir, Lebanon, Suriah, Afghanistan, Myanmar, Yaman, Saudi Arabia, dan Uni Soviet.

2) Perundingan Renville, adalah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang terjadi pada tanggal 8 Desember 1947 sampai 17 Januari 1948 di atas geladak kapal perang Amerika Serikat. Dampak dari perundingan ini yaitu wilayah Indonesia menjadi sempit dan dikelilingi oleh wilayah-wilayah yang dikuasai Belanda.

3) Perundingan Roem-Royen, dilaksanakan pada tanggal 14 April 1949 dan akhirnya ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Dampak perundingan ini  yaitu Pemerintah Republik Indonesia kembali ke Yogyakarta.

4) Konferensi Meja Bundar, dilaksanakan di Den Haag, Belanda, dari 23Agustus sampai 2 November 1949. Konferensi ini merupakan titik terang bagi bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaannya. Dampak konferensi ini yaitu :
- Belanda mengakui kemerdekaan Republik Indonesia Serikat
- Konflik dengan Belanda dapat diakhiri dan pembangunan dapat dimulai
- Irian Barat belum bisa diserahkan kepada Republik Indonesia
- Negara Indonesia berubah bentuk menjadi negara serikat yang tidak sesuai dengan citacita Proklamasi

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang! 
2. Diskusikanlah dengan temanmu! Mengapa dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia membutuhkan dukungan Internasional? 
3. Tuliskan hasil diskusi pada kolom yang disediakan!
Jawaban :

Dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia membutuhkan dukungan internasional karena salah satu syarat negara yang merdeka adalah mendapat pengakuan dari negara lain (De facto). Tanpa adanya pengakuan dari dunia internasional, maka negara tersebut tidak sah secara hukum internasional karena tidak ada yang mengakuinya, oleh karena itu Indonesia membutuhkan dukungan Internasional untuk mempertahankan kemerdekaan.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 229 Aktivitas Individu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel