Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 204 Uji Kompetensi 6

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Semester 2 Halaman 204 Bab 6 Strategi Indonesia Dalam Menyelesaikan Ancaman Terhadap Negara Uji Kompetensi 6 Hal 204 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 12 di semester 2 halaman 204. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 12 dapat menyelesaikan tugas Strategi Indonesia Dalam Menyelesaikan Ancaman Terhadap Negara Kelas 12 Halaman 204 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Semester 2.
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 204 uji kompetensi 6

Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 204 Uji Kompetensi 6

1. Jelaskan ancaman militer yang paling mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia pada saat ini? 
Jawaban :

- Separatisme, gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan diri
- Terorisme, aksi kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas
- Konflik komunal, terjadinya pergeseran nilai dan disintegrasi norma

2. Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat! 
Jawaban :

Karena di era globalisasi saat ini informasi sangat mudah masuk termasuk pengaruh ideologi lain sehingga apabila warga negara tidak memiliki ketahanan ideologi yang kuat maka akan mudah dipengaruhi oleh masukanya ideologi lain tersebut dan mengancam implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Jelaskan strategi bangsa Indonesia dalam mengatasi ancaman-ancaman yang bersifat nir-militer di bidang ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya? 
Jawaban :

a) Bidang Ideologi,
Membuat kebijakan dan langkah-langkah politik yang tepat dan intensif untuk mencegah meluasnya pengaruh ideologi lain terhadap ideologi Pancasila.

b) Bidang Politik,
- Membangun sistem politik yang dapat menanggulangi segala bentuk ancaman yang ditujukan kepada kehidupan politik Bangsa Indonesia.
- Melaksanakan kehidupan politik bangsa yang berlandaskan demokrasi Pancasila

c) Bidang Ekonomi,
- Penciptaan lapangan kerja padat karya sebagai solusi memberantas kemiskinan, pembangunan infrastruktur, penciptaan iklim usaha yang kondusif, dan pemilihan teknologi tepat guna
- Membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan negara-negara utama dalam tatanan ekonomi-politik dunia
- Meningkatkan usaha pertahanan untuk menciptakan kondisi keamanan nasional yang terkendali, membantu kelancaran distribusi kebutuhan pokok masyarakat, terutama di daerah pedalaman

d) Bidang Sosial Budaya
Memelihara keseimbangan dan keselarasan fundamental, yaitu keseimbangan antara manusia dengan alam masyarakat, manusia dengan alam, dan manusia dengan Tuhan.

4. Menurut kalian seberapa kuatkah kekuataan TNI/Polri dalam menghadapi ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara? 
Jawaban :

Kekuatan TNI/Polri sangat kuat akan tetapi karena wilayah negara Indonesia yang sangat luas maka tidak mungkin dapat menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan seluruhnya dengan jumlah personel yang sangat terbatas. Oleh karena itu, harus ada peran serta warga negara dalam upaya pertahanan keamanan

5. Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?
Jawaban :

Yang akan saya lakukan iyalah berusaha untuk melereai agar tidak terjadi tawuran dan melaporkan kepada pihak berwajib apabila sudah terjadi tawuran.

Perasaan saya iyalah sangat prihatin, karena kejadian tersebut memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 204 Uji Kompetensi 6"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel