Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi 2

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Semester 1 Halaman 51 Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Uji Kompetensi 2 Hal 51 Nomor 1 - 7 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 9 di semester 1 halaman 51. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Kelas 9 Halaman 51 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Semester 1.

kunci jawaban pkn kelas 9 halaman 51 uji kompetensi 2

Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi 2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan makna alinea pertama Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
Jawaban :

Makna alinea pertama iyalah bahwa bangsa Indonesia menentang penjajahan dan mendukung hak suatu negara untuk merdeka. Karena kemerdekaan merupakan hak asasi sebuah bangsa yang sifatnya universal.

2. Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur?
Jawaban :

- Melakukan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia
- Memperkuat penegakan hukum di Indonesia

3. Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Mahakuasa!
Jawaban :

Maksudnya adalah bahwa bangsa Indonesia menyadari bahwa tanpa rahmat Tuhan Yang MahaKuasa maka bangsa Indonesia tidak akan merdeka. Kemerdekaan tersebut tidak hanya dari perjuangan para pahlawan tetapi juga atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.

4. Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
Jawaban :

Makna alinea keempat iyalah pernyataan pemerintah negara Indonesia untuk mencapai tujuan negara, berdasarkan asas politik kedaulatan rakyat bentuk negara Republik Indonesia dan dasar negara Pancasila.

5. Jelaskan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam Pembukaaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
Jawaban :

- Alinea Pertama : Bahwa negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan Indonesia

- Alinea Kedua : Bahwa negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

- Alinea Ketiga : Bahwa negara yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan.

- Alinea Keempat : Bahwa negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

6. Jelaskan pentingnya pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa Indonesia!
Jawaban :

Sebagai landasan hukum tertinggi di Indonesia, dengan demikian seluruh peraturan perundang-undangan di Indonesia harus bersumber pada Pembukaan UUD Negara Relublik Indonesia Tahun 1945 yang didalamnya terkandung nilai-nilai Pancasila.

7. Bagaimana hubungan pokok-pokok pikiran Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Pancasila?
Jawaban :

Hubungannyaq adalah UUD NRI Tahun 1945 merupakan perwujudan dari nilai-nilai Pancasila. Pancasila sendiri memancarkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi 2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel