Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 54 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 54. Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Bab I  Hal 54 Nomor 1 - 4 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 9 di halaman 54. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 1 ips kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Kelas 9 Halaman 54 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab I IPS Kelas 9.

kunci jawaban ips kelas 9 halaman 54 aktivitas kelompok

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 54 Aktivitas Kelompok

1. Keadaan alam Mesir sebagian besar berupa gurun, sehingga tidak mendukung aktivitas pertanian. Namun, Mesir merupakan salah satu negara yang diperhitungkan di kawasan Afrika Utara. Lakukan analisis faktorfaktor yang mendukung Mesir menjadi negara besar di wilayah tersebut!
Jawaban :

Keadaan alam di negara Mesir didominasi dengan daratan gurun yang luas. Meskipun begitu, di Mesir juga terdapat sebuah sungai terpanjang di dunia yaitu sungai Nil. Sungai inilah yang membantu sektor Pertanian di negara ini. Mesir dapat menjadi negara yang besar diakibatkan sektor pertaniannya di bidang komoditi gandung,  gula, jagung,kapas, padi, kacang, dan yang paling utama berupa kapas.

Selain sektor pertanian, Mesir juga memiliki sektor peternakan yang luar biasa berupa unta, lembu, kerbau, biri-biri, keledai, dan domba. Sektor lainnya yang ikut membantu devisa negara mesir iyalah sektor pertambangan. Beberapa jenis pertambangan yang dihasilkan di Mesir antara lain minyak bumi,mangan, fosfat, bijih besi, granit, dsb

2. Perhatikanlah keadaan alam Mesir dan sebaran penduduk serta kota-kota di Mesir. Lakukan analisis keterkaitan antara keadaan alam dan sebaran penduduk serta kota-kota di Mesir!
Jawaban :

Karena keadaan alam negara Mesir yang sebagian besar berupa gurun, sehingga sungai Nil sebagai sumber air terbesar di negara itu merupakan tempat mayoritas penduduk mesir tinggal. Penduduk Mesir sebagian besar tinggal di daerah yang subur di lembah Sungai Nil. Penduduk lebih senang tinggal di kota, sisanya tinggal di daerah pinggiran.

3. Buatlah suatu tulisan tentang Terusan Suez dilihat dari sejarah dan keuntungannya bagi Mesir.
Jawaban :

Terusan Suez diresmikan pada tahun 1869 dan dibangun atas prakarsa insinyur Perancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps. Terusan ini dibuat untuk menghubungkan Eropa dengan Asia tanpa perlua memutari benua afrika. Dengan adanya Terusan Suez, Mesir mendapatkan pendapatan sebesar sekitar USD$ 5 milyar setiap tahunya. Dan juga terusan ini membuat posisi Mesir di mata dunia Internasional menjadi sangat besar karena Mesir memiliki jalur utama pelayaran dari Eropa ke Asia. 

4. Sampaikanlah hasil diskusi kelompok di depan kelas.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 54 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel