Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 48 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 48. Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Bab I  Hal 48 Nomor 1 - 3 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 9 di halaman 48. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 1 ips kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Kelas 9 Halaman 48 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab I IPS Kelas 9.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 48 Aktivitas Kelompok

1. Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada tabel berikut ini?
kunci jawaban ips kelas 9 halaman 48 aktivitas kelompok
Jawaban :

1. Negara bagian New South Wales dengan ibukotanya Sydney
2. Negara bagian Victoria dengan ibukotanya Melbourne
3. Negara bagian Queensland dengan ibukotanya Brisbane
4. Negara bagian Australia Selatan (South Australia) dengan ibukotanya Adelaide
5. Negara bagian Australia Barat (West Australia) dengan ibukotanya Perth
6. Negara bagian Tasmania dengan ibukotanya Hobart

2. Kondisi alam Australia membawa pengaruh terhadap komoditas yang dihasilkannya. Deskripsikanlah hubungan antara keadaan alam Australia dan komoditas yang dihasilkannya!
Jawaban :

Kondisi alam Australia berupa daratan yang luas disertai pegunungan. Selain itu, Australia juga memiliki banyak sungai dan danau. Adanya pegunungan di Australia membuat wilayah disekitar pegunungn menjadi subur sehingga sangat cocok untuk dijadikan lahan pertanian. Sedangkan daratan dengan daerah yang lebih kering cocok untuk dijadikan peternakan. Dan juga Australia memiliki banyak pertambangan logam, minyak bumi, dan batu permata.

Dengan kondisi alam tersebut,  beberapa komoditas Australia yang sudah menjadi komoditas export diantaranya :
1. Bahan bakar mineral (Minyak bumi)
2. Bijih logam
3. Batu permata
4. Daging
5. Biji-bijian (Gandum)

3. Kondisi alam Australia juga mempengaruhi distribusi penduduk Australia. Deskripsikanlah hubungan antara kondisi alam Australia dengan sebaran penduduknya!
Jawaban :

Kondisi wilayah bagian timur dan selatan Australia sangat subur karena di wilayah tersebut memiliki curah hujan yang cukup tinggi, selain itu lokasi yang berada di wilayah pesisir juga memudahkan untuk melakukan transportasi barang atau orang melalui jalur laut. Sehingga wilayah ini menjadi sangat padat penduduk dan kota besar di Australia terletak di wilayah ini.

Sedangkan kondisi wilayah pedalaman dan bagian barat Australia berupa gurun yang kering dan tandus, sehingga tidak banyak orang yang tinggal di tempat ini.

0 Response to "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 48 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel