Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 232, 233 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 232, 233. Bab 4 Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan Aktivitas Kelompok Bab IV  Hal 232, 233 Nomor 1 - 4 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di halaman 232, 233. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban aktivitas kelompok bab 4 ips kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan Kelas 8 Halaman 232, 233 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab IV IPS Kelas 8.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 232, 233 Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang. 2. Diskusikan faktor-faktor penyebab kegagalan perlawanan mengusir penjajah di berbagai daerah tersebut.
3. Tuliskan hasil diskusimu dalam format berikut ini!
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 232, 233 aktivitas kelompok
4. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.
Jawaban :
No Penyebab Kegagalan Penjelasan
1 Perlawanan yang masih bersifat kedaerahanPerjuangan yang hanya mementingkan kerajaan atau daerahnya masing-masinglah penyebab utama kegagalan dalam mengusir penjajah pada saat itu.
2 Persenjataan yang tidak mendukung Pada saat itu Indonesia belum memiliki pabrik senjata api maupun perlengkapan senjata yang canggih. Indonesia hanya menggunakan senjata tradisional yaitu bambu runcing yang tentu saja akan kalah ketika melawan senjata api maupun meriam milik penjajah.
3 Politik adu domba (devide et impera) Taktik Belanda sangat cerdik, Belanda menggunakan politik adu domba dengan strategi ini Belanda berhasil membuat dua kerajaan saling berperang satu sama lain. Sehingga Belanda dapat semakin mudah untuk menguasai Nusantara akibat perpecah-belahan yang ditimbulkan dari politik adu domba tersebut.
4 Strategi perang yang buruk Para pemimpin-pemimpin kerajaan di Indonesia masih belum paham betul tentang strategi perang, akibatnya strategi perang yang dibuat sangat buruk sehingga membuat perlawanan menjadi sia-sia dan menimbulkan banyak korban dari pihak rakyat kerajaan.
5 Belum timbul rasa Nasionalisme Pada saat itu rasa nasionalisme masih belum tumbuh, karena masyarakat Indonesia masih berperang berdasarkan daerah, agama, adat istiadat masing-masing. Sehingga membuat pihak militer Belanda semakin mudah dalam menghadapi kerajaan-kerajaan yang kecil tersebut.

0 Response to "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 232, 233 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel