Begini Alur Pendaftaran KIP Kuliah Terbaru 2020

KIP Kuliah adalah beasiswa yang diperuntukan bagi para mahasiswa Indonesia yang dirasa kurang mampu untuk membiayai biaya perkuliahan. Beasiswa KIP Kuliah sendiri adalah perubahan nama dari yang sebelumnya beasiswa Bidikmisi menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah.

Tujuan perubahan nama ini tentunya untuk lebih memudahkan dalam proses penyaluran dana, serta untuk memperbaiki masalah yang sebelumnya dialami pada saat masih berupa beasiswa Bidikmisi. Masalah utamanya iyalah banyak penerima Bidikmisi yang dirasa tidak tepat sasaran karena berasal dari keluarga yang berkecukupan atau mampu membiayai sendiri.

Untuk itu jika kamu tertarik dengan KIP Kuliah segera perbanyak informasi dan silahkan baca informasi alur pendaftaran KIP Kuliah berikut ini.


Alur Pendaftaran KIP Kuliah

1. Tahun Lulus / Angkatan

  • Jika kamu lulus dari sekolah sebelum pada tahun 2019, maka kamu tidak dapat mendaftar untuk menerima beasiswa KIP Kuliah, karena KIP Kuliah sendiri diperuntukan bagi kamu yang lulus pada tahun 2019 atau setelahnya. Tetapi jika kamu sebelumnya sudah menerima Beasiswa Bidikmisi, kamu tidak perlu khawatir karena beasiswa bidikmisi dan beasiswa kip kuliah sudah terintegrasi. Jadi, kamu sama saja sudah menerima kip kuliah.
  • Untuk kamu yang lulus pada tahun 2019 atau baru akan lulus pada tahun ini, kamu berkesempatan untuk mendaftar dan mendapatkan beasiswa KIP Kuliah.

2. Cek KIP Kuliah

  • Untuk memastikan apakah kamu berhak menerima KIP Kuliah, kamu dapat mengecek kip kuliah di situs pencarian BDT/DTKS (Basis Data Terpadu / Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Kamu dapat mengeceknya dengan cara berikut.

    Baca Juga : Cara Cek KIP Kuliah 
  • Jika nama kamu terdaftar dalam situs tersebut, artinya kamu berhak untuk menerima beasiswa KIP Kuliah dari Kemdikbud.
  • Jika nama kamu belum terdaftar, kamu dapat meminta surat rekomendasi keterangan tidak mampu dari desa tempat kamu tinggal. Setelah itu segera daftarkan diri kamu ke dinas sosial di daerah kamu.

3. Mendaftar ke Kampus

  • Jika kamu sudah memiliki kartu indonesia pintar kuliah, saatnya kamu untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.
  • Beasiswa KIP Kuliah tidak hanya mengratiskan kamu untuk menempuh perguruan tinggi, tetapi tiap semesternya kamu juga akan menerima biaya hidup dan biaya pendidikan.

0 Response to "Begini Alur Pendaftaran KIP Kuliah Terbaru 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel