6 Unsur-unsur dalam menggambar

Menggambar merupakan salah satu bagian dari seni rupa 2 dimensi. Media yang digunakan untuk menggambar sangat beragam, salah satu yang sering digunakan adalah media kertas. Dalam menggambar kita perlu memperhatikan unsur-unsur menggambar untuk menghasilkan gambar yang menarik, oleh karena itu berikut ini :

Unsur-unsur dalam menggambar antara lain adalah :


1. Titik

unsur unsur dalam menggambar

Unsur dalam menggambar yang paling pertama dan utama adalah Titik. Titik merupakan bagian paling kecil dan awal untuk membuat bentuk-bentuk serta mendapatkan ide dalam menggambar. Selain itu segala sesuatu dalam menggambar selalu diawali dengan titik.

Dalam menggambar juga terdapat teknik yang hanya dengan menggunakan sekumpulan titik, nama teknik tersebut adalah pointilis. Meskipun hanya menggunakan sekumpulan titik, namun gambar yang dihasilkan menggunakan teknik ini bisa sangat menakjubkan.

2. Garis

unsur unsur dalam menggambar

Unsur yang kedua adalah Garis. Garis adalah proses lanjutan dari titik, dapat dikatakan juga garis merupakan kumpulan titik-titik yang bersatu dan memanjang. Menurut arti lain garis merupakan goresan panjang yang terbentuk pada sebuah media. Beberapa sifat garis diantaranya adalah panjang, pendek, lurus, horizontal, vertical, tipis, melengkung(kurva), halus dan lainnya.

3. Bentuk

unsur unsur dalam menggambar

Secara umum bentuk adalah sebuah penamaan yang diberikan kepada gabungan garis atau titik yang menciptakan karakteristik tertentu. Contoh-contoh bentuk antara lain yaitu : lingkaran, persegi, segi lima, elips, trapesium, jajargenjang, layang-layang dan lain-lain.

Dalam menggambar bentuk dapat diartikan sebagai penglihatan secara 2 dimensi. Sebagai contoh : ketika kita melihat sebuah gambar piramida, maka bentuk yang kita lihat adalah bentuk segitiga 

4. Warna

unsur unsur dalam menggambar

Untuk memberikan kesan perasaan yang lebih mendalam biasanya para pelukis/seniman 2 dimensi akan menambahkan warna pada karyanya. Warna dapat memberikan perasaan marah (merah), sedih  (biru), ceria (kuning), menyegarkan (hijau).

5. Tekstur

unsur unsur dalam menggambar

Tekstur adalah keadaan/sifat permukaan pada gambar. Sifat tersebut dapat berupa halus, kasar, licin maupun kusam. Tekstur dibedakan menjadi 2 yaitu : tidak asli (maya) dan asli (dapat disentuh). Tekstur yang digunakan dalam menggambar bersifat maya, artinya gambar dapat dirasakan sifat permukaanya hanya dengan dilihat. 

6. Gelap Terang

unsur unsur dalam menggambar

Gelap terang merupakan bentuk lanjutan dari warna yang memberikan kesan adanya cahaya. Dengan menambahkan unsur gelap terang maka akan menambah juga kesan yang diberikan pada gambar tersbut. Dan gambar tersebut dapat terlihat lebih menarik dan realistis.

0 Response to "6 Unsur-unsur dalam menggambar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel