Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 21

Mari Uji Kemampuan Kalian

Membandingkan 
1. Bandingkanlah antara pertumbuhan primer dengan sekunder. 
Jawaban :

Pertumbuhan primer adalah ketika tumbuhan bertambah tinggi. Pertumbuhan primer berhubungan dengan sel-sel meristem primer (apikal) pada tumbuhan.

Sedangkan pertumbuhan dan perkembangan sekunder adalah ketika tanaman bertambah lebar atau diameter batang semakin besar, hal ini disebabkan karena pembelahan meristem sekunder. Meristem sekunder ini terletak pada kambium.

Mengaplikasikan 
2. Jika suatu tanaman tidak memiliki kambium, apakah tanaman tersebut mengalami pertumbuhan sekunder? Jelaskan. 
Jawaban :

Tidak, jika suatu tanaman tidak memiliki kambium maka tanaman tersebut tidak akan memiliki pertumbuhan sekunder. Karena di dalam kambium terletak pada meristem sekunder

3. Apakah yang terjadi jika tanaman terlalu banyak menyerap air? 
Jawaban :

Jika tanaman terlalu banyak menyerap air maka lama-kelamaan akar tanaman akan membusuk dan mati. 

Membaca Data Gunakanlah data di bawah ini untuk menjawab pertanyaan no. 4. 
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 21
4. Berdasarkan data di atas, adakah pengaruh air terhadap tinggi tanaman? Jelaskan dengan menggunakan data yang ada pada grafik.
Jawaban :

Ya, ada pengaruh banyaknya air terhadap pertumbuhan tanaman. Bisa dilihat melalui data pada 20 mL air, tanaman setinggi kurang lebih 8cm, lalu ketika diberi perlakuan air sebanyak 40 mL, tinggi tanaman sekitar 12 cm. Ketika diberi air 60 mL, tinggi tanaman sekitar 13 cm. Ketika tanaman diberi air sebanyak 80 mL, tinggi tanaman sekitar 14 cm, dan ini berlaku juga untuk 100 mL air. Bisa dibilang pada saat perlakuan dengan banyaknya air, 60, 80 dan 100 mL tidak terlalu memberikan hasil yang signifikan.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 21"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel