Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 124

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 124 Kurikulum Merdeka Bab 4 Getaran, Gelombang, dan Cahaya Hal 124 Nomor 1 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 2 halaman 124. 
Kamera Obscura sederhana dengan bahan-bahan berupa kotak kayu, lilin, dan sebuah lubang

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 124

Carilah informasi sejarah dan cara membuat kamera Obscura secara sederhana. Gunakan bahan-bahan yang dapat diperoleh dengan mudah. Kamu juga dapat menggunakan berbagai media layar untuk mendapatkan pantulan gambar yang diinginkan. Misalkan tembok kamar kamu, atau layar dari kain. Gambar 4.14 adalah contoh kamera Obscura sederhana. Tuliskan semua tahapan dalam membuat kamera obscura dengan hasil gambar pantulan yang baik pada selembar kertas! Tuliskan temuan yang kamu dapatkan atau kendala yang kamu hadapi saat membuatnya, dan solusi yang kamu berikan! Selamat mencoba dan berkreasi!
Jawaban :

Untuk membuat kamera obscura sederhana, berikut adalah tahapan-tahapannya:
1. Buatlah kotak kayu berukuran sekitar 20 x 20 x 20 cm dan beri celah pada bagian sampingnya sehingga bisa dibuka dan ditutup.
2. Dapatkan selembar kertas putih yang lebar dan tebal dan tempelkan di dalam kotak.
3. Potong lilin menjadi bagian-bagian kecil dan letakkan di sisi dalam kotak.
4. Buat lubang pada bagian depan kotak dengan menggunakan jarum atau pisau. Ukuran lubang ini harus kecil, misalnya 2 mm, agar cahaya tidak masuk secara terlalu besar.
5. Tutup semua bagian celah dan lubang pada kotak dengan selimut gelap atau kain hitam tebal.
6. Posisikan kotak pada suatu tempat yang dapat menangkap cahaya, seperti jendela, dan biarkan cahaya masuk melalui lubang.
7. Dalam ruangan yang gelap, buka celah dan perhatikan pantulan gambar pada kertas. Gambar akan terlihat terbalik dan terlihat lebih kecil dari objek aslinya.

Kendala yang mungkin dihadapi adalah cahaya yang masuk tidak cukup terang dan tidak terfokus pada kertas. Solusinya adalah dengan memperkecil ukuran lubang dan memastikan lubang dalam kondisi yang bersih dan tepat. Jika gambar masih kabur, bisa mencoba memperbesar ukuran lubang atau memperkuat sumber cahaya.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 124"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel