Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 113

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 113 Kurikulum Merdeka Bab 4 Getaran, Gelombang, dan Cahaya Hal 113 Nomor 1 - 3 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 2 halaman 113. 
kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 113

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 113

Ayo tiup pluitnya! Kamu bisa menggunakan sedotan bekas minuman dingin yang dibeli di kantin sekolah. Potonglah sedotan menjadi 3 bagian dengan panjang yang berbeda-beda (misalnya 5 cm, 10 cm, dan 15 cm). Pada setiap potongan gunting salah satu ujungnya membentuk segitiga. Tekan-tekan ujung sedotan yang berbentuk segitiga tersebut kemudian letakkan pada ujung bibir kalian lalu tiuplah. 
Apakah pluit sedotan buatan kamu menghasilkan bunyi? 
Jawaban :

Ya, sedotan buatan saya menghasilkan bunyi.

Apa yang menyebabkan munculnya bunyi tersebut? 
Jawaban :

Bunyi tersebut muncul karena adanya getaran pada sedotan yang ditimbulkan oleh udara yang ditiupkan melalui ujung sedotan yang berbentuk segitiga.

Apakah terdapat perbedaan bunyi pada ketiga panjang potongan sedotan?
Jawaban :

Ada perbedaan bunyi pada ketiga panjang potongan sedotan. Panjang sedotan akan mempengaruhi frekuensi getaran yang terjadi pada sedotan, sehingga mempengaruhi suara yang dihasilkan. Potongan sedotan yang lebih pendek akan menghasilkan suara dengan frekuensi yang lebih tinggi (nada yang lebih tinggi), sedangkan potongan sedotan yang lebih panjang akan menghasilkan suara dengan frekuensi yang lebih rendah (nada yang lebih rendah).

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 113"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel