Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 89

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 1 Halaman 89 Bab 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal 89 Uji Pemahaman Nomor A - C Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 1 halaman 89.

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 89

a. Terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945!  
Jawaban :

Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 sangat erat hubungannya. Pancasila adalah dasar filosofis dari UUD NRI Tahun 1945. Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi landasan dalam menyusun UUD NRI Tahun 1945 yang mengatur tentang sistem pemerintahan, hak asasi manusia, sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem keamanan negara.

b. Berikan 2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari! 
Jawaban :

Contoh pertama adalah ketuhanan yang Maha Esa yang merupakan salah satu sila dari Pancasila, yang dijabarkan dalam UUD NRI Tahun 1945 sebagai dasar negara yang menjamin kebebasan beragama bagi setiap warga negara. Dalam konteks kehidupan sehari-hari peserta didik, ini berarti setiap peserta didik memiliki hak untuk memeluk agama yang mereka pilih dan tidak dilarang untuk beribadah sesuai dengan agama yang mereka pilih.

Contoh kedua adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang merupakan salah satu sila dari Pancasila, yang dijabarkan dalam UUD NRI Tahun 1945 sebagai dasar negara yang menjamin hak-hak warga negara untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Dalam konteks kehidupan sehari-hari peserta didik, ini berarti setiap peserta didik memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan lingkungan sekolah, seperti pemilihan ketua OSIS, atau dalam pembuatan kebijakan sekolah.

c. Isilah kolom berikut ini:
Jawaban :

Tabel 2.3 Hubungan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945
*klik gambar untuk memperbesar*

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 89"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel