Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 118

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 1 Halaman 118 Bab 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal 118 Uji Pemahaman Nomor A - C Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 1 halaman 118.
kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 118

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 118

a. Apakah kalian pernah menemukan bunyi pasal atau ayat dalam perundangundangan di tingkat nasional atau daerah yang tidak sesuai dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945 atau peraturan perundang-undangan di atasnya? 
Jawaban :

Tidak ada
, karena sudah dijelaskan bahwa setiap produk perundang-undangan yang diterbitkan di Indonesia harus sesuai dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, dan peraturan perundang-undangan di atasnya. Jika ditemukan pasal atau ayat dalam perundang-undangan yang tidak sesuai dengan kedua hal tersebut, maka harus dilakukan revisi atau perbaikan untuk menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

b. Sebutkan 1 pasal atau ayat dalam undang-undang yang pernah kalian baca. Tulislah analisis kalian, terkait kesesuaian dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945! 
Jawaban :

Pasal 27 Ayat 1 UUD NRI Tahun 1945 yang menyatakan bahwa "Setiap orang berhak atas perlindungan hukum yang sama di depan hukum." Pasal ini menegaskan prinsip persamaan di depan hukum yang merupakan salah satu dari lima sila Pancasila, yaitu "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia." Pasal ini mengatur bahwa setiap orang tanpa terkecuali harus diperlakukan sama di depan hukum, tidak peduli apapun latar belakang, kekayaan, atau status sosialnya. Ini menjamin bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk mengajukan gugatan dan mendapat perlindungan hukum yang adil.

c. Apa yang kalian lakukan jika menemukan norma perundang-undangan yang bertentangan dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, atau perundang-undangan yang ada di atasnya?
Jawaban :

- Melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwenang seperti Mahkamah Konstitusi atau Komisi Yudisial untuk ditindak lanjuti.

- Menyampaikan aspirasi dan pendapat secara formal melalui mekanisme konsultasi publik yang diselenggarakan oleh pemerintah.

- Mengajukan gugatan atau kasasi kepada pengadilan yang berwenang jika merasa dirugikan oleh norma perundang-undangan yang bertentangan dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, atau perundang-undangan yang ada di atasnya.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 118"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel