Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 141 Uji Kompetensi 4

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Semester 1 Halaman 141 Bab 4 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Uji Kompetensi 4 Hal 141 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 12 di semester 1 halaman 141. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 12 dapat menyelesaikan tugas Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Kelas 12 Halaman 141 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Semester 1.
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 141 uji kompetensi 4

Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 141 Uji Kompetensi 4

1. Jelaskan konsep hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi dan kewajiban warga negara. Uraikan perbedaan dan persamaan konsep-konsep tersebut. 
Jawaban :

Konsep :
Hak asasi manusia,
adalah hak yang melekat pada diri setiap pribadi manusia dan bersifat universal.
- Hak warga negara,
adalah hak yang didapat karena kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara.
- Kewajiban asasi,
merupakan kewajiban dasar setiap orang disertai tanggung jawab menghormati hak asasi orang lain.
- Kewajiban warga negara,
merupakan kewajiban sebagai anggota suatu negara yang dibatasi oleh status kewarganegaran seseorang.

Perbedaan dan Persamaan :
Persamaannya terletak pada posisi hak serta kewajiban yang melekat utuh pada manusia.Sedangkan perbedaannya adalah Hak dan Kewajiban Asasi melekat pada manusia secara universal dan tidak dipengaruhi atau dibatasi oleh status kewarganegaraan. Sementara itu Hak dan Kewajiban Warga Negara dibatasi oleh status kewarganegaraan seseorang. 

2. Kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 
Jawaban :

Hak Warga Negara :
1) Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, Pasal 27 ayat 2
2) Hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan, Pasal 28 D ayat 3
3) Hak untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu, Pasal 29 ayat 2
.dst

Kewajiban Warga Negara :
1) Menjunjung hukum dan pemerintahan, Pasal 27 ayat 1
2) Mengikuti pendidikan dasar, Pasal 31 ayar 2
3) Ikut serta dalam upaya pembelaan negara, Pasal 27 ayat 3
.dst

3. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, baik yang bersifat internal maupun eksternal? 
Jawaban :

Faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah dorongan untuk melakukan pelanggaran yang berasal dari diri pelaku. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor diluar diri manusia untuk melakukan pelanggaran. Contohnya yaitu :

Faktor Internal :
- sikap egois
- rendahnya kesadaran hukum
- tidak toleran

Faktor Eksternal :
- penyalahgunaan kekuasaan
- ketidaktegasan aparat hukum
- kesenjangan sosial

4. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam memecahkan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara. 
Jawaban :

Yang harus dilakukan pemerintah untuk memecahkan persoalan pelanggaran hak yaitu dengan menegakkan supremasi hukum, meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, meningkatkan kualitas aparat hukum, dan meningkatkan kesejahteraan warga negara.

5. Bagimanakah cara kalian menghindari pelanggaran terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban :

Cara yang harus kita lakukan adalah dengan taat pada semua aturan yang berlaku, disiplin terhadap kewajiban, dan meningkatkan rasa simpati kepada orang lain.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 141 Uji Kompetensi 4"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel