Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 182, 183 Aktivitas Kelompok Tabel 3.9

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 182, 183. Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Bab III  Hal 182, 183 Tabel 3.9. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 halaman 182, 183. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 3 ips kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Kelas 8 Halaman 182, 183 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab III IPS Kelas 8.
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 182, 183 aktivitas kelompok tabel 3.9

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 182, 183 Aktivitas Kelompok Tabel 3.9

Amati Gambar 3.18 di atas dan diskusikan dengan teman satu kelompok, apa saja yang dapat kalian lihat dari kedua gambar tersebut terkait dengan pendistribusian kembali pendapatan nasional, dilihat dari pemerataan pendapatan, dampak, dan upaya apa yang harus dilakukan.

1. Pemerataan
Jawaban :

Dari kedua gambar tampak bahwa Redistribusi Pendapatan Nasional masih belum merata, terlihat jelas perbedaannya bahwa pusat perbelanjaan masyarakat kelas atas sangat bersih, rapih, dan mewah sedangkan tempat tinggal masyarakat miskin kotor dan kumuh.

2. Dampak
Jawaban :

Dampak yang ditimbulkan akibat tidak meratanya redistribusi pendapatan nasional yaitu timbulnya kemiskinan, kriminalitas, terjadinya inflasi mata uang, tidak meratanya pembangunan daerah, dan dapat menghancurkan para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM.

3. Upaya yang dapat dilakukan
Jawaban :

- Memberikan jaminan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat kecil
- Memberikan subsidi berupa harga barang yang lebih murah
- Membantu mengembangkan UKM 
- Membeli produk-produk dari masyarakat kecil

4. Sosial
Jawaban :

Munculnya tingkatan-tingkatan sosial di kalangan masyarakat yang dapat berakibat buruk hingga  menyebabkan bentrokan antar kalangan masyarakat di suatu daerah.

5. Politik
Jawaban :

Akibat pendapatan yang sedikit, menyebabkan masyarakat kecil sangat mudah untuk dikuasi oleh elit politik yang buruk dengan membeli suara masyarkat kecil saat pemilihan umum. Mereka akan diiming-imingi oleh uang dan perbaikan taraf hidup yang nyatanya tidak pernah direalisasikan.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 182, 183 Aktivitas Kelompok Tabel 3.9"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel