Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 93, 94 Uji Kompetensi 4

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Semester 2 Halaman 93, 94 Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 Uji Kompetensi 4 Hal 93, 94 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 8 di semester 2 halaman 93, 94. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 Kelas 8 Halaman 93, 94 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Semester 2.

kunci jawaban pkn kelas 8 halaman 93, 94 uji kompetensi 4

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 93, 94 Uji Kompetensi 4

Suatu bangsa tidak akan berubah mana kala bangsa tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri. Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang dirasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Berikan pendapatmu mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia?
Jawaban :

Karena pada saat itu Eropa sedang mengalami krisis ekonomi akibat peperangan sehingga mereka memutuskan untuk melakukan ekspedisi mencari sumber ekonomi baru. Yang pada akhirnya sampai ke negara-negara Asia.

2. Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia?
Jawaban :

Masyarakat tedidik dan peduli tersebuh berusaha menyadarkan dan menyatukan seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit dan melawan penjajah agar Indonesia menjadi negara yang bebas dan merdeka.

3. Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional?
Jawaban :

Karena berdirinya organisasi Boedi Oetomo mampu melahirkan berbagai generasi muda yang terdidik dan peduli untuk membebaskan serta memerdekakan bangsa Indonesia dari keterpurukan, ketidak berdayaan, dan ketidaktahuan. Selain itu organisasi ini juga turut memicu lahirnya berbagai organiasi pemuda lainnya.

4. Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908?
Jawaban :

Ya, karena Indonesia masih belum sepenuhnya merdeka, masih banyak penjajahan gaya baru di bidang ekonomi, politik, pendidikan dan agama. Sehingga saat ini kita masih membutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908.

5. Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa!
Jawaban :

Banyak cara bagi pelajar untuk mengubah nasib suatu bangsa, sebagai contoh seorang pelajar yang berhasil memenangkan kejuaraan olimpiade tingkat Internasional. Hal ini akan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Selain itu harapannya para pelajar ini nantinya dapat meneruskan cita-cita bangsa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 93, 94 Uji Kompetensi 4"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel