Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 110 - 113 Uji Kompetensi 9

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 110 - 113. Bab 9 Sistem Ekskresi Manusia Uji Kompetensi 9 Hal 110 - 113. Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 2 halaman 110 - 113. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 9 ipa kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Sistem Ekskresi Manusia Kelas 8 Halaman 110 - 113 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 110 - 113 Uji Kompetensi 9

Kunci Jawaban Pilihan Ganda Uji Kompetensi 9 IPA Kelas 8 Halaman 110
1. D. usus besar
2. C. pankreas menghasilkan enzim amilase
3. C. 3
4. A. 1
5. C. sel darah merah
6. D. karbon dioksida dan uap air
7. B. glukosa
8. B. mempunyai kelenjar keringat
9. B. hematuria
10. B. penyakit diabetes mellitus

Kunci Jawaban Esai Uji Kompetensi 9 IPA Kelas 8 Halaman 112

1. Sebutkan macam-macam organ yang berperan sebagai alat ekskresi pada manusia dan zat yang diekskresikan atau yang dikeluarkan!
Jawaban :
Paru-paru = CO2 dan H2O
Hati = urea dan empedu
Ginjal = urine
Kulit = keringat

2. Pembentukan urine terjadi di dalam ginjal, isilah tabel di bawah ini untuk menjelaskan proses pembentukan urine yang terjadi di dalam ginjal!
Jawaban : 
kunci jawaban ipa kelas 8 semester 2 halaman 110 uji kompetensi 9

3. Mengapa bila kita berada dalam kondisi yang panas tubuh mengeluarkan banyak keringat, sangat berbeda ketika kita berada pada tempat dengan suhu dingin?
Jawaban :
Ketika pada saat suhu udara panas di siang hari dan jumlah cairan di dalam darah tinggi, hipotalamus (bagian pada otak) akan mengeluarkan hormon yang memberikan sinyal pada kelenjar keringat yang ada di dalam kulit untuk memproduksi keringat yang lebih banyak.

4. Pada suatu pemeriksaan laboratorium, diuji urine seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator Benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan indikator Biuret menunjukkan reaksi warna ungu, berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang terjangkit oleh pasien dan bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan?
Jawaban :
Penyakit yang menjangkiti Pasien adalah albuminuria (di dalam urine terdapat protein) kerusakan pada glomerulus dan menderita diabetes mellitus (di dalam urine terdapat glukosa) kerusakan pada tubulus proksimal. 

5. Sebutkan 3 macam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi!
Jawaban :
- Memakan makanan bergizi seimbang (4 sehat 5 sempurna)
- Meminum air mineral/air putih minimal 2 liter per hari
- Olahraga yang cukup dan teratur untuk menjaga tubuh tetap fit

0 Response to "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 110 - 113 Uji Kompetensi 9"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel