JUKLAK Panduan Pilmapres 2020

Panduan Pilmapres 2020

Peningkatan kualitas sumberdaya manusia merupakan salah satu fokus pembangunan pada Kabinet Indonesia Maju. Kualitas sumberdaya manusia dapat ditingkatkan melalul perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara terencana, dan terprogram serta tersistem. Sistem Pendidikan Tinggi diperkokoh dengan diterbitkannya Undang-Undang No 12 tahun 2012, dimana pengembangan kualitas lulusan dilaksanakan melalul kegiatan intra, ko-, dan ekstra-kurikuler. Mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga unsur yang menyempurnakan kinerja di kehidupan masyarakat yaitu hard skills dan soft skills karena sinergi antara keduanya sangat diperlukan. Kehadiran perkembangan teknologi yang begitu cepat mendorong para lulusan untuk mampu berdaptasi dengan perubahan, bersemangat untuk belajar sepanjang hayat, dan memiliki kepedulian terhadap pembangunan yang berkelanjutan. Kebijakan “Merdeka Belajar” dan “Kampus Merdeka” yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik namunjuga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

Sehubungan dengan itu, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2020 bagi peserta Program Diploma dan Program Sarjana akan mengalami perubahan, yaitu lebih mensinergikan asesmen berbagai kemampuan yang diduga akan diperlukan di kehidupan bermasyarakat. Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dan aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup diantaranya komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis, kreativitas, dan menemukan karakter unggulnya. Disamping itu tata cara pemilihan akan dilakukan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara PTN dan PTS, berazas keterwakilan wilayah, melalul asesmen pengetahuan dengan menggunakan teknologi komputer (Computer Based Test), yang dilanjutkan dengan pembekalan keterampilan hidup di tahap final.

Sebagai aset bangsa, mahasiswa berprestasi terpilih diharapkan mampu mengembangkan potensi dirinya yang difasilitasi oleh Pemerintah atau institusi lain agar mereka lebih berkembang dan mampu berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di masa mendatang. Semoga Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 di bawah koordinasi Iangsung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat disosialisasikan, dipahami, diterapkan, serta dievaluasi untuk mendapatkan umpan balik dalam rangka peningkatan program yang bermutu dan berkelanjutan.

Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para kontributor Petunjuk Pelaksanaan dan berbagai perguruan tinggi, dan dedikasi seluruh staf Pusat Prestasi Nasional. Semoga Petunjuk Pelaksanaan ini bermanfaat bagi perguruan tinggi yang memerlukannya.

Petunjuk pelaksanaan atau panduan pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2020 dapat didownload melalui pdf dibawah ini.

0 Response to "JUKLAK Panduan Pilmapres 2020 "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel