Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog dengan Google Search Console

Salah satu teknik SEO blog yang paling terkenal adalah dengan menanam backlink ke sebuah blog untuk menarik traffic ataupun meningkatkan DA atau PA suatu blog. Ciri backlink yang berkualitas adalah bersifat "dofollow" artinya google akan menelusuri blog tersebut dan akan membantu meningkatkan peringkat halaman.

Di luar sana sudah banyak tool gratisan untuk memeriksa backlink suatu blog/website, akan tetapi karena tool tersebut adalah tool yang sifatnya gratis maka kita akan dibatasi untuk penggunaanya secara penuh. Sehingga kita perlu alternatif lain yang dapat memberikan kita sebuah tool untuk memeriksa backlink dengan gratis tanpa batasan.

Cara cek backlink tersebut adalah dengan menggunakan Google Search Console yang disediakan langsung oleh google. Jika belum mengetahui apa itu google search console dan bagaimana cara mendaftarnya dapat baca artikel berikut cara daftar google search console agar artikel page 1 dalam 1 menit.

Jika sudah mendaftar dan memiliki google search console kini saatnya untuk kita gunakan tool google yang satu ini dengan semaksimal mungkin. Kita dapat menggunakan banyak tool yang disediakan oleh google search console, tetapi pada bahasan kali ini kita akan mempelajari cara mengetahui jumlah backlink suatu blog dengan google search console.

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog

  1. Buka google search console.
  2. Pilih blog yang akan dicek backlink-nya pada bagian ujung kiri atas halaman console.
  3. Selanjutnya scroll menu tool kebawah lalu klik "Tautan".
    cara mengetahui jumlah backlink di blog
  4. Di halaman tautan terdapat "Tautan Eksternal"  yaitu backlink yang berasal dari luar blog kita dan "Tautan Internal" yaitu backlink yang berasal dari dalam blog kita. 
    Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog
  5. Di bawah tulisan "Tautan Eksternal" kita akan mengetahui jumlah backlink yang berasal dari luar blog.
  6. Untuk memeriksa apakah backlink tersebut backlink yang berkualitas kita dapat meng-klik link tersebut dan akan menemukan beberapa blog lain yang menaut ke artikel tersebut.
  7. Kemudian klik website tersebut untuk melihat lokasi link yang ditautkan.
    cara memeriksa backlink di blog
  8. Setelah itu untuk memeriksa apakah link kita tersebut adalah dofollow atau nofollow kita dapat menggunakan extension NoFollow pada google chrome atau plugin NoFollow di firefox.

Akhirnya kita mengetahui blog apa saja yang menautkan artikel kita dan artikel apa saja yang ditautkan oleh blog lain. Setelah kita mengetahu jumlah backlink yang dimiliki blog kita, ada baiknya kita menganalisis lagi backlink apa saja yang berkualitas serta memeriksa link dofollow atau nofollow.

0 Response to "Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog dengan Google Search Console"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel