Besaran Turunan

Pengertian Besaran Turunan


Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan/dijabarkan dari besaran atau gabungan besaran - besaran pokok.

Besaran Turunan

Besaran Turunan, Notasi dan Alat Ukur

1. Luas
Luas adalah hasil turunan dari besaran pokok panjang. Luas memiliki dua dimensi yaitu panjang dan lebar. Untuk menghitung suatu luas yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari panjang dan lebar suatu bidang. Hasil perkalian antara panjang dan lebar tersebut disebut luas. Satuan luas adalah meter persegi atau m2.

2. Volume
Volume masih merupakan salah satu dari turunan besaran pokok panjang. Volume memiliki tiga dimensi yaitu panjang, lebar, dan yang terakhir adalah tinggi. Rumus volume suatu benda adalah panjang x lebar x tinggi. Satuan besaran turunan volume adalah meter kubik atau m3.

3. Massa Jenis
Massa jenis adalah besaran turunan yang terbentuk dari dua besaran gabungan yaitu volume dan massa. Rumus menghitung massa jenis adalah massa dibagi volume (massa/volume). Artinya massa jenis suatu benda dihitung dari massa benda per satuan volume. Satuan besaran turunan massa jenis adalah kilogram per meter kubik atau kg/m3.

4. Kecepatan
Kecepatan diturunkan dari besaran pokok panjang (m) dan besaran pokok waktu (s). Untuk menghitung kecepatan diperlukan jarak atau panjang dan waktu. Rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu(jarak/waktu). Satuan besaran turunan kecepatan adalah meter per second atau m/s. Kecepatan biasa kita temukan pada speedometer kendaraan bermotor seperti pada gambar. Pada kendaraan bermotor memiliki satuan kecepatan km/jam.
Besaran Turunan, Notasi dan Alat Ukur

5. Percepatan
Percepatan adalah besaran turunan yang menyatakan penambahan kecepatan dalam tiap satuan waktu. Contoh percepatan yang biasa kita temui adalah ketika kita hendak menjalankan motor yang dalam posisi mati kemudian kita gas. Motor yang semula diam kemudian berjalan memiliki percepatan yang lebih dari 0. Contoh percepatan konstan atau percepatan 0 adalah ketika kita mengendarai motor dengan kecepatan 40km/jam selama 10 menit tanpa menarik gas atau menginjak rem. Selama 10 menit tersebut motor kita memiliki percepatan 0. Contoh lainnya percepatan kurang dari 0 adalah ketika kita menginjak tuas rem ketika kendaraan sedang melaju. Satuan besaran turunan percepatan adalah meter per second kuadrat atau m/s2.

6. Gaya
Gaya adalah suatu tindakan yang dapat menyebabkan suatu benda bermassa mengalami perubahan gerak. Satuan gaya adalah newton (N) atau jika dijabarkan adalah kilogram x meter per second kuadrat kg.m/s2.

7. Usaha
Pengertian usaha adalah energi yang diberikan pada suatu benda sehingga membuat benda tersebut bergerak. Simbol usaha dalam fisika dilambangkan dengan huruf W (besar). Satuan usaha adalah Joule (J) atau kilogram meter kuadrat per second kuadrat atau kg.m2/s2.

8. Daya
Pada fisika Daya adalah kecepatan dalam melakukan kerja. Daya merupakan energi yang digunakan dalam satuan waktu. Daya (P) rumusnya adalah P = W(energi)/t(waktu). Satuan daya adalah watt.

9. Tekanan
Tekanan adalah satuan dalam fisika yang menyatakan gaya per satuan luas.

10. Momentum
Momentum merupakan hasil perkalian antara massa dan kecepatan.

0 Response to "Besaran Turunan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel