Tips Jitu Lolos OSN ( Olimpiade Sains Nasional )

Olimpiade Sains Nasional

Kosingkat - kali ini admin akan membagikan tips dan trik OSN

Olimpiade Sains Nasional adalah sebuah kompetisi sains yang diadakan oleh dinas pendidikan baik dijenjang SD, SMP, dan SMA. Kompetisi ini berlangsung dengan berbagai tahap dari tingkat kecamatan (khusus untuk jenjang SD), tingkat kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. Para juara di tingkat nasional akan diseleksi kembali untuk olimpiade tingkat internasional yang diadakan di berbagai negara.

Berikut adalah tips dan trik osn :

-         Pilih bidang osn yang membuat kamu penasaran, karena dengan penasaran kamu akan mulai mencari – cari apa itu dan kamu akan menyukainya setelah kamu tahu detail bidang tersebut.
-         Belajar dari sekarang, setelah anda membaca tips dan trik ini segera belajar dan sediakan waktu setiap harinya untuk belajar materi osn. Minimal latihan 1 – 2 jam untuk mengerjakan soal soal osn.
-         Minta soal – soal dan pembahan milik kakak kelas yang osn tahun - tahun sebelumnya. Atau kalian dapat mengunjungi situs kujawab.com yang berisi kumpulan soal – soal dan pembahasannya.
-         Jangan malas mencari di google, dunia teknologi sekarang sudah luas. Kalian bisa mencari materi materi yang akan di lombakan di tingkat kota, provinsi, maupun tingkat nasional.
-         Gabung ke grup facebook sesuai bidang masing masing untuk mencari informasi maupun pembahasan soal seputar osn. Caranya kalian buka facebook login (jika tidak punya daftar dulu) lalu di menu pencarian kalian cari saja “Grup Olimpiade _______” isi garis bawah dengan nama bidang yang kamu minati.
-         Jangan malu bertanya kepada kakak kelas ataupun guru bidang osn yang kamu pilih. Dengan bertanya kamu akan menjadi lebih tau, tetapi kamu cari dulu di google jika tidak paham baru kamu tanyakan kepada yang tahu.
-         Tetap santuy, jangan stres jika kamu tidak memahami apa yang sedang kamu kerjakan. Kamu bisa refreshing dulu mendengarkan musik atau menonton anime.
-         Untuk kamu yang kurang mendukung dalam hal sarana dan prasarana, kamu bisa datang ke perpustakaan sekolah ataupun perpustakaan daerah dan cari buku – buku olimpiade atau buku – buku bidang yang kamu pilih.
-         Jika kamu gagal di tahun pertama-mu jangan putus asa itu artinya kamu masih kurang dalam berlatih atau ada yang salah dengan kamu. Stop pacaran yang tidak perlu (jika pacar kamu mendukung kamu untuk OSN lanjutkan saja calon masa depan idaman).
-         Jika kamu baru pertama kali dalam OSN “Jangan Takut” banyak peserta OSN yang juga baru pertama kali, mungkin.
-         Jangan lupa berdoa agar kamu diberikan semangat dalam belajar OSN.
-         Tips paling mujarab “Buat sebuah pikiran atau insting atau apapun di dalam pikiranmu bahwa target kamu itu apa dan pasti tercapai” sepengalaman penulis tahun pertama target dia hanya OSP, dan benar saja ia berhasil ke tingkat provinsi namun gagal ke nasional, di tahun kedua target dia hanya lolos jadi peserta NASIONAL, dan benar lagi ia lolos ke nasional tetapi gagal membawa medali. Semua itu sudah direncanakan di dalam pikiran bahwa akan tercapai, ya memang penulis tidak berharap tinggi karena ia tahu kekurangan dia adalah malas belajar. Karena jika penulis berhasil membawa medali dan dia sombong karena dengan malas saja membawa medali, saya tidak dapat memikirkan apa yang akan terjadi di masa depannya. Penulis bangga dengan kalah ia jadi dapat berfikir bahwa belajar itu memang penting karena ilmu kita di OSN tetap berguna di masa depan.

Cukup segitu aja tips dan trik osn dari penulis, harapannya penulis dapat membantu kalian yang pemalas menjadi rajin dengan osn, karena materi osn itu asik apalagi materi komputer, isinya hanya logika dan coding. Terima kasih yang sudah baca, penulis doakan kamu membawa medali. Untuk yang gagal kamu udah membawa medali di hati orang tua , pacar , ataupun wali kamu.

2 Responses to "Tips Jitu Lolos OSN ( Olimpiade Sains Nasional )"

KoSingkat said...

posting dewe, komen dewe

aksara_bentala said...

terima kasih atas tipsnya kak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel