Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 256 - 260

EvaluasiKampanye SDGs melalui Media DIREKTUR United Nations Information Centre (UNIC) Francyne Harrigan kemarin berkunjung ke sejumlah media massa di Jakarta, termasuk Media Group. Kunjungan itu berkaitan dengan program SDGs Media Compact yang akan dilakukan bersama media-media. 
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 256 - 260

A. Pilihan Ganda (PG) 

1. SDGs Media Compact adalah … 
Jawaban : C

C. program kerja sama untuk kampanye SDGs.

2. Direktur UNIC Francyne Harrigan mengajak semua media di seluruh dunia untuk ikut mengampanyekan SDGs. Program SDGs dinilai perlu dikampanyekan secara optimal untuk … 
Jawaban : B

B. mengoptimalkan partisipasi dari seluruh kalangan masyarakat.

3. Satu contoh tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut mengampanyekan SDGs adalah … 
Jawaban : D

D. menyebarluaskan informasi mengenai SDGs melalui berbagai cara.

4. Perhatikan grafik berikut.  Pernyataan manakah yang sesuai dengan informasi di dalam grafik tersebut? 
Jawaban : D

D. Tantangan pencapaian SDGs meningkat di tahun 2020. 

5. Apa contoh tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia? 
Jawaban : B

B. Membuat program pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bentuk.

B. Esai 

1. Seperti yang sudah kita pelajari, masyarakat di dunia memiliki keragaman dalam berbagai hal seperti ciri fisik dan budayanya. 
a. Menurutmu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? 
b. Bagaimana kita harus menyikapi perbedaan tersebut? 
Jawaban :

a) 
Karena setiap masyarakat tinggal di berbagai wilayah dengan tantangan alam yang berbeda-beda. Ciri-ciri fisik dan budaya dipengaruhi oleh tempat di mana masyarakat itu tinggal.

b) 
Menyikapi perbedaan, sikap yang harus dilakukan adalah saling menghargai sehingga kita semua bisa hidup dengan harmonis.

2. Dunia kita terbagi ke dalam beberapa wilayah yang terdiri dari banyak negara. Meskipun demikian, setiap negara saling bekerja sama satu sama lain dalam berbagai bentuk kerja sama internasional. Menurutmu, apa penyebab terjadinya kerja sama internasional? 
Jawaban :

Kerja sama internasional terjadi karena sebagian besar masyarakat yang tinggal di satu wilayah tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya secara mandiri seiring dengan meningkatnya sistem kehidupan sehingga mereka membutuhkan kerja sama dengan wilayah lain.

3. Melalui politik bebas aktif, Indonesia selalu mencoba untuk berperan dalam berbagai bentuk kerja sama internasional. Indonesia aktif melakukan hubungan bilateral dengan berbagai negara dan ikut berkontribusi dalam berbagai kerja sama di lingkup kawasan dan dunia. Apa saja peran yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam kerja sama internasional dan apa manfaat yang telah Indonesia dapatkan dari kerja sama tersebut? 
Jawaban :

Peran Indonesia:
- Mendirikan ASEAN
- Menyelenggarakan Asian Games
- Menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika
- Menjadi tuan rumah bagi berbagai sidang internasional
- Menjadi anggota dewan keamanan PBB 

Manfaat yang didapat:
1. Mendirikan ASEAN: Mendapatkan keamanan di kawasan Asia Tenggara dan juga mendapatkan keuntungan dari berbagai aktivitas kerja sama di bidang ekonomi dan budaya.
2. Menyelenggarakan Asian Games: Mendorong pembangunan infrastruktur, meningkatkan pendapatan karena kehadiran wisatawan, dan mengenalkan Indonesia kepada dunia.

4. Terdapat 17 isu dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang sedang diupayakan oleh negara- negara di dunia untuk bisa tercapai di tahun 2030. Pilih salah satu isu SDGs tersebut yang terjadi di lingkungan atau daerah sekitarmu, lalu uraikanlah informasinya melalui beberapa poin berikut: 
a. Nama Isu
b. Keterangan/Penjelasan 
c. Contoh permasalahan yang terjadi 
d. Solusi yang dapat dilakukan 
Jawaban :

a) Kota dan pemukiman yang berkelanjutan
b) Isu ini berkaitan dengan tujuan dunia untuk membangun sistem kehidupan masyarakat yang tidak merusak lingkungan sehingga setiap aktivitas bisa dilakukan secara berkelanjutan.
c) Contohnya adalah persoalan sampah di lingkungan saya yang masih belum terkelola dengan baik. Produksi plastik dan sampah rumahan yang disatukan di tempat pembuangan akhir akan terus menggunung setiap tahun dan menimbulkan permasalahan lingkungan.
d) Solusinya adalah setiap masyarakat bisa mulai mengelola sampah dengan melakukan pilah sampah. Sampah organik dijadikan kompos sementara sampah non organik didaur ulang. Jika semua masyarakat melakukannya maka tujuan membangun kota dan pemukiman yang berkelanjutan akan tercapai.

5. Perhatikan cuplikan teks berita berikut. 
a. Menurutmu, mengapa masyarakat Indonesia bisa menghasilkan sampah plastik yang begitu banyak dibandingkan dengan negaranegara lainnya di dunia? 
b. Apa solusi yang dapat kita lakukan untuk menghadapi isu tersebut? 
Jawaban :

a) 
Masyarakat sudah terbiasa menggunakan plastik karena lebih murah dan praktis. Persoalannya masyarakat tidak menyadari dampak buruk dari penggunaan plastik bagi lingkungan.

b) - 
Solusinya masyarakat perlu mendapatkan sosialisasi mengenai dampak buruk sampah plastik yang tidak terkelola.
- Solusinya masyarakat harus membangun sistem pengolahan sampah yang berkelanjutan dengan memilah dan mendaur ulang sampah tersebut.
- Solusinya pendidikan mengenai lingkungan lebih ditingkatkan di persekolahan agar sejak sekolah dasar setiap orang sudah terbiasa menjaga kelestarian alam.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 256 - 260"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel