Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 146

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Semester 2 Halaman 146 Bab 3 Bhinneka Tunggal Ika. Hal 146 Uji Pemahaman Nomor A - E Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 11 di semester 2 halaman 146.
kunci jawaban ppkn kelas 11 halaman 146

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 146

a. Apakah yang kalian pahami tentang diskriminasi? 
Jawaban :

Diskriminasi yang saya pahami adalah perlakuan yang tidak setara atau tidak adil terhadap seseorang atau sekelompok orang berdasarkan faktor-faktor seperti ras, jenis kelamin, orientasi seksual, agama, dll. Diskriminasi dapat menyebabkan kerugian dan ketidaksetaraan bagi individu atau kelompok yang mengalaminya, dan dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan sosial dan ekonomi serta kesetaraan sosial.

b. Mengapa diskriminasi itu terjadi? Pernahkah kalian melakukan tindakan yang mengarah pada pelabelan negatif, diskriminasi, atau intoleransi? Jika tidak pernah, apakah dalam satu waktu kalian pernah melihat tindakan diskriminasi tersebut? 
Jawaban :

Diskriminasi dapat terjadi karena seseorang atau suatu kelompok merasa superior terhadap individu atau kelompok lainnya yang mereka anggap lemah. Orang atau kelompok yang hidupnya tertutup atau tidak pernah terpapar dengan beragam budaya di luar kelompoknya cenderung rawan memiliki prasangka yang salah dan dapat mengarah pada diskriminasi.

Saya tidak pernah melakukan tindakan yang mengarah ke diskriminasi, namun saya pernah melihat tindakan diskriminasi yang terjadi di kelas saya, saya melihat teman saya yang beragama Kristen mendapat perlakuan tidak baik dari teman lainnya yang beragama mayoritas.

c. Hemat kalian, apakah kaitan antara diskriminasi dan kebinekaan budaya bangsa kita? 
Jawaban :

Kebinekaan budaya dapat memainkan peran dalam diskriminasi karena seseorang atau kelompok dapat merasa superior terhadap budaya lain atau individu yang berbeda dari mereka. Kebinekaan budaya juga dapat digunakan sebagai dasar untuk diskriminasi terhadap individu atau kelompok yang berbeda, seperti diskriminasi rasial, diskriminasi jenis kelamin, diskriminasi orientasi seksual, dll. Selain itu, diskriminasi juga dapat terjadi terhadap individu atau kelompok yang berbeda dari budaya mayoritas, yang dapat menyebabkan ketidaksetaraan dalam akses terhadap layanan dan kesempatan dalam masyarakat. Dalam hal ini, diskriminasi dapat menghambat perkembangan dan penerimaan dari kebinekaan budaya dalam suatu masyarakat. Maka dari itu, dibutuhkan pendidikan dan pemahaman yang baik akan kebinekaan budaya dalam masyarakat agar dapat menerima dan menghormati perbedaan yang ada, sehingga dapat mengurangi terjadinya diskriminasi dalam masyarakat.

d. Upaya apa saja yang dapat kalian lakukan untuk memupuk kerukunan antarumat beragama di Indonesia? 
Jawaban :

- Pendidikan:
Pendidikan tentang perbedaan agama dan toleransi dapat diberikan sejak dini, sehingga dapat membantu untuk mengurangi prasangka dan stereotip yang salah tentang agama lain.

- Dialog:
Dialog antarumat beragama dapat dilakukan untuk memperkuat kerukunan antarumat beragama, sehingga dapat saling menghormati dan memahami perbedaan yang ada.

- Kerja sama:
Kerja sama antarumat beragama dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan, seperti dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga dapat menyatukan perbedaan yang ada.

e. Bagaimana cara mengikis prasangka (prejudice), stereotyping, dan fanatisme agama yang berlebihan?
Jawaban :

- Mengubah pandangan negatif yang ada tentang agama lain melalui pengenalan dan pemahaman yang lebih baik melalui studi, diskusi atau kegiatan lain.

- Menjauhi sikap dan ucapan yang menyinggung perbedaan agama atau sikap yang mengkriminalisasi agama tertentu.

- Menghormati hak-hak kebebasan beragama yang diakui dalam konstitusi dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 146"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel