Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 73 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 73. Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Bab I  Hal 73 Nomor 1 - 6 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 9 di halaman 73. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 1 ips kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Kelas 9 Halaman 73 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab I IPS Kelas 9.
kunci jawaban ips kelas 9 halaman 73 aktivitas kelompok

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 73 Aktivitas Kelompok

1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok!
2. Perhatikanlah Peta Sebaran Penduduk Afrika. Penduduk Afrika tersebar di sejumlah wilayah. Diskusikanlah mengapa sebarannya seperti itu!
Jawaban :

Sebaran penduduk Afrika berada di daerah yang memiliki sumber air seperti pesisir pantai ataupun di sekitar danau. Hal ini disebabkan kondisi geografis di Afrika yang berupa gurun-gurun serta memiliki iklim yang kering. Sehingga agar tidak kesulitan menemukan air maka penduduk Afrika menetap di wilayah yang memiliki cukup air.

3. Pertumbuhan penduduk Afrika menunjukkan kecenderungan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Carilah informasi untuk menjelaskan fenomena tersebut.
Jawaban :

Penyebab pertumbuhan penduduk yang tinggi di Afrika yaitu :
- Meningkatnya jumlah wanita usia produktif di Afrika
- Wanita Afrika memiliki tingkat kesuburan yang tinggi
- Kurangnya sosialisasi keluarga berencana atau KB
- Pemerintah negara-negara di Afrika menolak memberikan solusi

4. Budaya Afrika sangat kaya dan beragam. Carilah informasi tentang contoh-contoh budaya Afrika berdasarkan negaranya. Setiap kelompok menelusuri budaya salah satu negara di Afrika. Tulislah hasilnya pada tabel berikut ini. 
Jawaban :

Nama Negara : KONGO

1) Seni, Musik khas dari negara Kongo dikenal dengan Rumba Kongo, Sukous, dan Ndombolo yang cara memainkannya diiringi dengan tarian atau joget khusus khas Kongo.
2) Pakaian, Pakaian yang biasa digunakan dalam acara adat atau tradisional terbuat dari rafia atau akar yang dibentuk merumbai-rumbai.
3) Olahraga, Tim sepak bola Kongo pernah menorehkan juara Piala Afrika pada tahun 1972, namun belum pernah lolos ke Piala Dunia.
4) Makanan, Salah satu menu masakan khas Kongo yang terkenal adalah Maboke Fish Stew, terbuat dari ikan lele yang dibungkus dengan daun marantaceae, kemudian dimasak dengan sayuran hijau dan dibumbui dengan lada.

5. Buatlah contoh-contoh budaya Afrika seperti yang ditulis pada tabel poin 4 dalam bentuk foto atau video. Carilah contoh-contoh tersebut di internet atau secara langsung memotretnya di lingsungan sekitar kalian. 
Jawaban :
gambar contoh-contoh budaya afrika

6. Sampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas!

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 73 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel