Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115. Bab 2 Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan Bab II Hal 115 Nomor 1 - 5 . Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 halaman 115. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 2 ips kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan Kelas 8 Halaman 115 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab II IPS Kelas 8.
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 115 aktivitas kelompok

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115 Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang. 
2. Carilah sumber dari buku atau internet tentang contoh peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia. 
Jawaban :

a) Sebagai Daya Tarik Bangsa Asing
Indonesia merupakan salah satu negara destinasi wisata terbaik di dunia. Keanekaragaman alam dan budaya yang ada di Indonesia menjadi daya tarik bagi para wisatawan manca negara.

b) Mengembangkan Kebudayaan Nasional
Kebudayaan nasional merupakan suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagaian besar warga suatu negara yang memberikan identitas terhadap warga. Dengan memiliki keanekaragaman budaya daerah maka dengan sendirinya akan membentuk sebuah budaya yang diakui oleh seluruh elemen bangsa yang disebut dengan kebudayaan nasional.

c) Tertanamnya Sikap Toleransi
Keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia menyadarkan masyarakat bahwa pada hakikatnya manusia memiliki perbedaan sehingga masyarakat Indonesia harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.

d) Saling Melengkapi Hasil Budaya
Beragamnya kebudayaan yang ada di Indonesia memunculkan akulturasi budaya. Yaitu bercampurnya 2 kebudayaan tanpa menghilangkan budayanya itu sendiri. Sebagai contoh, Batik yang berasal dari Jawa berakulturasi dengan budaya dari daerah lain sehingga corak dari Batik mengikuti daerah tersebut.

e) Mendorong Inovasi Kebudayaan
Inovasi kebudayaan adalah perubahan dari suatu yang sudah ada dan berekembang sebelumnya akbiat dari adanya akulturasi dan asimilasi budaya.

3. Tuliskan kesimpulanmu di dalam kertas. 
Jawaban :

Keragaman budaya di Indonesia memiliki banyak peran dan fungsi dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Peran yang paling utama di masyarakat adalah tertanamnya sikap toleransi. Hal tersebut sangat penting karena di dalam keberagaman pasti akan ada suatu pemicu yang dapat merusak keberagaman tersebut. Sehingga sebagai warga negara Indonesia kita harus terus menjaga dan melestarikan kebudayaan di Indonesia.

4. Presentasikan hasil simpulan di dalam kelas. 
5. Tulisan simpulan hasil diskusi kelas dan bagikan ke seluruh siswa.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 115 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel