Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 59 - 62

Evaluasi Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara mandiri untuk mengukur pemahamanmu terhadap topik pembahasan yang telah kita pelajari di tema ini. 
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 59 - 62 www.kosingkat.id

A. Pilihan Ganda 

1. Penyebab dari perubahan sosial yang terkait dengan fenomena globalisasi adalah …
Jawaban : D

D. Interaksi dengan kebudayaan masyarakat lain

2. Seringkali terdapat beberapa kesalahpahaman konsep mengenai proses modernisasi di masyarakat. Salah satunya adalah menganggap jika menjadi modern adalah ….
Jawaban : C

C. Mengikuti gaya hidup Eropa

3. Wujud pelestarian budaya yang disoroti dalam wacana pembahasan tersebut adalah ….
Jawaban : C

C. Desa Adat

4. Perhatikan kalimat di paragraf pertama berikut: “Perda ini bertujuan untuk mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat yang bersifat lokal, nasional, dan global yang berdampak pada keberadaan kebudayaan Bali dan pengembangannya.” Dampak yang dikhawatirkan dari perubahan masyarakat terhadap kebudayaan Bali tersebut adalah ….
Jawaban : B

B. Melemahnya tradisi budaya yang mengatur cara hidup masyarakat 

5. Apa contoh perilaku yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk ikut menjaga tradisi kearifan lokal di Nusantara?
Jawaban : D

D. Menjaga keharmonisan dan menghidupkan semangat gotong royong

B. ESAI 

1. Apa salah satu contoh perubahan sosial yang memengaruhi kehidupanmu sebagai seorang pelajar? (Jelaskan jawabannya) 
Jawaban :

Hadirnya transformasi teknologi informasi. Dulu, sumber belajar utama terbatas pada buku dan referensi cetak di perpustakaan. Namun, dengan adopsi teknologi, belajar menjadi lebih terbuka melalui akses internet yang menyediakan informasi luas dalam hitungan detik. Ini memengaruhi cara saya memperoleh pengetahuan, membuat tugas, dan bahkan berkomunikasi dengan sesama pelajar dan guru.

2. Perhatikan pernyatan-pernyataan berikut: 
1) Sebuah proses yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup 
2) Pembaruan dalam segala bidang kehidupan 
3) Penghilangan batas negara untuk penyatuan dunia
4) Bertentangan dengan pewarisan budaya 
5) Dipicu oleh perkembangan aktivitas manusia 
Pernyataan manakah yang merupakan kesamaan antara modernisasi dan globalisasi? Jelaskan alasannya. 
Jawaban :

Pernyataan nomor 2, yaitu "Pembaruan dalam segala bidang kehidupan." Modernisasi mengarah pada pembaruan dalam masyarakat secara umum, sementara globalisasi juga membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan karena integrasi antarnegara dan budaya yang terjadi secara global. Keduanya mengarah pada adopsi perubahan yang melibatkan aspek-aspek kehidupan, baik dalam teknologi, nilai-nilai, dan struktur sosial. 

3. Modernisasi telah membawa dampak perubahan yang signifikan bagi perkembangan masyarakat di Indonesia. Apa satu contoh fenomena modernisasi yang sedang berlangsung pada saat ini? 
Jawaban :

Pertumbuhan teknologi digital yang cepat, seperti peningkatan penggunaan internet, smartphone, dan media sosial, adalah contoh fenomena modernisasi yang terjadi di Indonesia saat ini.

4. Perhatikan gambar berikut: Berdasarkan gambar tersebut, 
a) Apa kesimpulan yang dapat kamu kemukakan? 
b) Bagaimana dampaknya terhadap kehidupan masyarakat? 
Jawaban :

a) Setiap orang di dunia saat ini saling terhubung satu sama lain melalui jaringan digital/internet.

b) Dampaknya penyampaian informasi dan komunikasi menjadi lebih mudah, apa yang terjadi di satu negara dapat langsung diketahui oleh penduduk di negara lain.

5. Salah satu pengaruh dari modernisasi dan globalisasi adalah berkembangnya gaya hidup individualistis di mana setiap anggota masyarakat hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing. Apa solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi hal tersebut mengingat masyarakat kita memiliki kearifan lokal untuk dapat bergotong royong?
Jawaban :

Masyarakat harus bisa berempati satu sama lain dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Di samping itu kita harus mensosialisasikan kembali prinsip gotong royong dan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari termasuk untuk bisa saling peduli dan saling membantu satu sama lain.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 59 - 62"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel