Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 92

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Semester 1 Halaman 92 Bab 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal 92 Uji Pemahaman Nomor A - C Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 11 di semester 1 halaman 92.
kunci jawaban ppkn kelas 11 halaman 92

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 92

a. Jelaskan perbedaan antara kesepakatan dengan norma! 
Jawaban :

Kesepakatan adalah kesepakatan yang dibuat oleh dua atau lebih pihak yang mengikat mereka untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Kesepakatan dapat dibuat secara formal atau informal, dan dapat berupa perjanjian, kontrak, atau peraturan.

Norma adalah aturan yang diakui atau diterima oleh suatu kelompok atau masyarakat. Norma dapat berupa aturan yang ditulis atau tidak ditulis, dan dapat berupa aturan yang formal atau tidak formal. Norma dapat mengatur perilaku, sikap, atau pandangan yang dianggap baik atau buruk dalam suatu kelompok atau masyarakat.

Secara singkat, kesepakatan adalah kesepakatan yang dibuat oleh individu atau kelompok, sementara norma adalah aturan yang diakui atau diterima oleh suatu kelompok atau masyarakat.

b. Sebutkan contoh perilaku positif yang menunjukkan taat norma dan kesepakatan! 
Jawaban :

- Membayar pajak tepat waktu, ini merupakan contoh dari taat norma, karena pembayaran pajak dianggap sebagai kewajiban yang diakui oleh masyarakat.

- Memenuhi janji dalam kontrak, ini merupakan contoh dari taat kesepakatan, karena seseorang harus memenuhi janji yang telah dibuat dalam kontrak yang telah disepakati.

- Melakukan persiapan dalam berangkat kerja, ini merupakan contoh dari taat norma, karena dianggap baik untuk datang tepat waktu dan siap bekerja.

- Mematuhi aturan lalu lintas, ini merupakan contoh dari taat norma, karena aturan lalu lintas diakui dan diterima oleh masyarakat sebagai upaya untuk menjamin keselamatan berkendara.

- Menepati janji dalam suatu perjanjian bisnis, ini merupakan contoh dari taat kesepakatan, karena seseorang harus menepati janji yang telah dibuat dalam perjanjian bisnis yang telah disepakati.

c. Mengapa norma harus ditaat
Jawaban :

Norma harus ditaati karena norma membantu dalam menjaga stabilitas sosial dan mengatur perilaku individu di dalam suatu kelompok masyarakat. Dengan adanya norma menciptakan keteraturan dalam masyarakat dengan mengatur tindakan yang dianggap baik atau buruk.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 92"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel