Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 75, 76

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 1 Halaman 75, 76 Bab 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal 75, 76 Uji Pemahaman Nomor A - D Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 1 halaman 75, 76.
kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 75, 76 www.kosingkat.id

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 75, 76

a. Apa yang kalian ketahui tentang Konstitusi dan UUD NRI Tahun 1945? 
Jawaban :

Konstitusi adalah dokumen yang menjelaskan aturan dan peraturan dasar suatu negara. UUD NRI Tahun 1945 adalah konstitusi Republik Indonesia yang digunakan sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. UUD NRI Tahun 1945 mencakup berbagai hal seperti hak asasi manusia, pemerintahan, pembagian wilayah, dan sistem pemerintahan. UUD NRI Tahun 1945 juga mengatur tentang sistem presidensial dan parlementer di Indonesia.

b. Sebutkan contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari! 
Jawaban :

- Pasal 27 ayat (1) : "Setiap orang berhak atas perlindungan terhadap diskriminasi atas dasar apa pun"
- Pasal 28D ayat (1) : "Setiap orang berhak atas pendidikan yang bermutu"
- Pasal 31 ayat (1) : "Setiap orang berhak atas pekerjaan yang layak dan sesuai dengan keahliannya"
- Pasal 33 ayat (1) : "Setiap orang berhak atas perlindungan kesehatan"
- Pasal 34 ayat (1) : "Setiap orang berhak atas perlindungan lingkungan hidup yang sehat"
- Pasal 36 ayat (1) : "Setiap orang berhak atas rumah yang layak"
- Pasal 39 ayat (1) : "Setiap orang berhak atas perlindungan terhadap pemaksaan dan pembauran agama"
- Pasal 40 ayat (1) : "Setiap orang berhak atas pengakuan, perlindungan, dan pemajuan suku, agama, bahasa, dan budaya"

c. Apa yang akan kalian lakukan agar implementasi UUD NRI Tahun 1945 dapat sesuai dengan pandangan ideal peserta didik? 
Jawaban :

- Pendidikan tentang UUD NRI Tahun 1945:
Pendidikan tentang UUD NRI Tahun 1945 harus diberikan sejak dini dan dilakukan secara terus-menerus sepanjang masa. Hal ini akan membuat peserta didik lebih mengerti mengenai hak dan kewajiban yang dimilikinya serta cara untuk menegakkan hak-haknya.

- Partisipasi aktif:
Peserta didik harus diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan kebijakan yang berhubungan dengan UUD NRI Tahun 1945. Hal ini akan membuat peserta didik merasa lebih diakui dan dihargai.

- Pendekatan yang inovatif:
Pendekatan yang inovatif dapat dilakukan untuk membuat peserta didik lebih tertarik dan mudah memahami konsep-konsep yang ada dalam UUD NRI Tahun 1945.

- Sosialisasi:
Sosialisasi dan edukasi tentang UUD NRI Tahun 1945 harus dilakukan secara luas dan intensif agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami hak dan kewajiban serta cara untuk menegakkan hak-haknya.

d. Silakan kalian menuliskan satu lembar surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945!
Jawaban :

Kepada Yth,
Orang Tua/Wali Murid Siswa/i
SMP/SMA/SMK (nama sekolah)
Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb, Sebagai sekolah yang memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pendidikan yang berkualitas, kami ingin menyampaikan informasi tentang pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 di sekolah kami.

Kami sangat menghargai komitmen kami dalam menegakkan nilai-nilai dasar yang tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945, seperti hak asasi manusia, keadilan, persamaan, demokrasi, dan kerukunan. Kami berusaha untuk mengintegrasikan nilai-nilai ini dalam setiap aspek kegiatan sekolah, mulai dari pembelajaran hingga kegiatan ekstrakurikuler.

Selain itu, kami juga menyediakan pendidikan tentang UUD NRI Tahun 1945 melalui mata pelajaran sejarah dan Pancasila. Kami juga memfasilitasi diskusi dan debat tentang UUD NRI Tahun 1945 sebagai bagian dari pendidikan karakter. Kami berharap dengan cara ini siswa/i kami dapat memahami dan menghargai hak-hak yang dimilikinya serta menjadi warga negara yang bertanggung jawab.

Kami sangat mengharapkan dukungan dari orang tua/wali dalam menegakkan nilai-nilai dasar yang tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945 di sekolah kami. Kami akan senantiasa memantau dan mengevaluasi pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 di sekolah kami dan akan selalu siap untuk mendengar masukan dan saran dari orang tua/wali. Wassalamualaikum Wr. Wb

Hormat kami,
(Nama Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah)
(NIP/NIK)

cc:
Kepala Dinas Pendidikan
Camat (nama kecamatan)
Dinsos (nama kecamatan)
LPMP (nama provinsi)

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 75, 76"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel