Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 35 Uji Kompetensi 1

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Semester 1 Halaman 35 Bab 1 Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Uji Kompetensi 1 Hal 35 Nomor 1 - 6 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 12 di semester 1 halaman 35. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 12 dapat menyelesaikan tugas Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Kelas 12 Halaman 35 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Semester 1.
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 35 uji kompetensi 1

Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 35 Uji Kompetensi 1

1. Bedakanlah makna hak asasi manusia dengan hak warga negara? 
Jawaban :

Hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki oleh setiap manusia di dunia tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, ras, maupun gologan. Sedangkan hak warga negara adalah hak yang diberikan berdasarkan statusnya sebagai anggota suatu negara.

2. Mengapa terjadi pelanggaran HAM? 
Jawaban :

Pelanggaran HAM terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal, yaitu dorongan untuk melakukan pelanggaran yang berasal dari diri pelaku diantaranya adalah :
- Sikap egois atau mementingkan diri sendiri
- Tidak toleran
- Rendahnya kesadaran terhadap HAM

Faktor Eksternal, yaitu faktor yang disebabkan dari luar diri manusia yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan pelanggaran HAM diantaranya adalah :
- Penyalahgunaan kekuasaan
- Ketidaktegasan aparat penegak hukum
- Penyalahgunaan teknologi

3. Uraikan jaminan terhadap hak asasi manusia yang terdapat dalam Pancasila. 
Jawaban :

1) Sila Pertama, menjamin hak kemerdekaan untuk memeluk agama, melaksanakan ibadah, dan menghormati perebedaan agama.
2) Sila Kedua, menempatkan hak setiap warga negara pada kedudukan yang sama di mata hukum.
3) Sila Ketiga, mengamanatkan adanya unsur pemersatu di antara warga negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.
4) Sila Keempat, menghargai hak setiap warga negara untuk bermusyawarah tanpa adanya paksaan.
5) Sila Kelima, mengakui hak milik perorangan dan dilindungi pemanfaatannya oleh negara.

4. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan hak asasi manusia, Pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan ? 
Jawaban :

Yang terjadi adalah proses penegakan hak asasi manusia akan mengarah pada nilai-nilai liberalisme atau sosialisme yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

5. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut dijadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi manusia di Indonesia? 
Jawaban :

Karena kedua ideologi tersebut bertentangan dengan prinsip penegakan HAM di Indonesia, liberalisme lebih mengedepankan pada kebebasan individual, sementara itu sosialisme lebih mengedepankan kepada dominasi negara. Sedangkan di Indonesia lebih mengedepankan asas keseimbangan berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

6. Sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat, seperti pembunuhan, penculikan, penyiksaan dan sebagainya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut?
Jawaban :

Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai Hak Asasi Manusia. Yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut adalah diri sendiri, sebagai pribadi yang luhur kita harus dapat mengontrol sifat dan perilaku kita agar tidak merugikan orang lain. Peran saya adalah ikut mencegah dan mensosialisasikan pentingnya HAM dalam kehidupan sehari-hari.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 35 Uji Kompetensi 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel