Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 74 Uji Kompetensi 2

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 1 Halaman 74 Bab 2 Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Uji Kompetensi 2 Hal 74 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 1 halaman 74. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 10 dapat menyelesaikan tugas Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Kelas 10 Halaman 74 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 1.
kunci jawaban pkn kelas 10 halaman 74 uji kompetensi 2

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 74 Uji Kompetensi 2

1. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara. Jelaskan makna yang terkandung dalam Pasal 25 A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang wilayah negara Indonesia! 
Jawaban :

Maknyanya bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan oleh undang-undang. Istilah Nusantara dalam ketentuan tersebut dipergunakan untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta di antara benua Asia dan benua Australia.

2. Batas wilayah pada dasarnya menunjukkan luas yang dimiliki oleh wilayah tersebut.  Berdasarkan hal tersebut uraikan batas-batas negara Indonesia baik di wilayah daratan maupun lautan yang berbatasan dengan negara tetangga RI! 
Jawaban :

- Sebelah Utara, Daratan Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia, Lautan Indonesia sebelah utara berbatasan langsung dengan laut lima negara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.

- Sebelah Barat, Berbatasan dengan laut India di sekitar Samudera Hindia dan Laut Andaman.

- Sebelah Timur, Berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik

- Sebelah Selatan, Berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia. 

3. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa negara mempunyai hak penguasaan atas kekayaan alam Indonesia. Bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara Indonesia? 
Jawaban :

a) Segala bentuk pemanfaatan (bumi dan air) serta hasil yang didapat (kekayaan alam), dipergunakan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

b) Melindungi dan menjamin segala hak rakyat yang terdapat di dalam atau di atas bumi, air dan berbagai kekayaan alam tertentu yang dapat dihasilkan secara langsung atau dinikmati langsung oleh rakyat.

c) Mencegah segala tindakan dari pihak mana pun yang akan menyebabkan rakyat tidak mempunyai kesempatan atau akan kehilangan haknya dalam menikmati kekayaan alam.

4. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang beragama. Jelaskan makna kemerdekaan beragama bagi bangsa Indonesia? 
Jawaban :

Kemerdekaan beragama bagi bangsa Indonesia mengandung makna bahwa setiap manusia bebas memilih, melaksanakan ajaran agama menurut keyakinan dan kepercayaannya, dan dalam hal ini tidak boleh dipaksa oleh siapa pun, baik itu oleh pemerintah, pejabat pemerintah, masyarakat, maupun orang tua sendiri.

5. Pertahanan dan keamanan negara Indonesia pada dasarnya merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia. Berdasarkan hal tersebut jelaskan sistem pertahanan dan keamanan yang dikembangkan oleh Negara Indonesia!
Jawaban :

Sistem pertahanan dan keamanan yang dikembangkan oleh negara Indonesia adalah Sishankamrata (Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta). Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta pada hakikatnya merupakan segala upaya menjaga pertahanan dan keamanan negara yang seluruh rakyat dan segenap sumber daya nasional, sarana dan prasarana nasional, serta seluruh wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahanan yang utuh dan menyeluruh.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 74 Uji Kompetensi 2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel