Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 - 152 Uji Kompetensi 8

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2 Halaman 150 - 152 Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup Uji Kompetensi 8 Hal 150 - 152 Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 9 di semester 2 halaman 150 - 152. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 8 ipa kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup kelas 9 Halaman 150 - 152 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 - 152 Uji Kompetensi 8

Kunci Jawaban Pilihan Ganda IPA Kelas 9 Halaman 150, 151

1. C. partikel
2. B. molekul
3. D. kulit atom
4. B. 20
5. A. ion
6. A. perbedaan jumlah neutron suatu zat
7. D. kestabilan
8. B. baja
9. C. etilen glikol
10. D. aluminium

Kunci Jawaban Esai IPA Kelas 9 Halaman 152

1. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban :

- menghasilkan arus listrik
- mendiagnosis suatu penyakit melalui sinar-X
- sumber gelombang pengganti cahaya pada mikroskop elektron
- dapat menghasilkan cahaya dengan warna yang khas

2. Iodin (I) merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan iodin!
Jawaban :

Iodin (I) berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme untuk menghasilkan energi, mengatur pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan sistem rangka (otot dan tulang), serta menjaga tekanan darah. Sehingga apabila tubuh kekurangan iodin dapat mengakibatkan penyakit gondok.

3. Mengapa bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan!
Jawaban :

Karena stirofoam mengandung senyawa kimia polistirena yang dapat memicu munculnya kanker. Stirofoam juga tidak tahan panas jadi apabila stirofoam ini terkena panas yang cukup tinggi, maka plastik akan rusak sehingga senyawa polistirena akan tercampur ke dalam makanan.

4. Perhatikan kabel listrik berikut.Sebutkan beberapa bahan yang sesuai digunakan untuk membuat kabel listrik tersebut. 
kunci jawaban ipa kelas 9 halaman 150 - 152 uji kompetensi 8
Jawaban :

Isolator
: Terbuat dari plastik, Sifat fisika plastik yaitu rapat, elastis, dan tidak dapat menghantarkan listrik. Sedangkan sifat kimia plastik yaitu stabil, tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.

Konduktor : Terbuat dari logam tembaga, Sifat fisika tembaga yaitu rapat, keras, memiliki daya hantar listrik yang baik, serta memiliki titik leleh yang tinggi.  Sedangkan sifat kimia tembaga yaitu stabil,tidak mudah bereaksi, dan tidak mudah berkarat.

5. Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!
Jawaban :

Perbedaannya adalah Intan memiliki sifat sangat keras sedangkan Grafit mudah patah atau rapuh. Penyebabnya pada perbedaan susunan atom karbon, pada intan, tiap atom karbon mengikat empat atom karbon lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral. Sedangkan pada grafit, atom karbon berikatan dengan tiga atom C lainnya membentuk lapisan heksagonal.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 150 - 152 Uji Kompetensi 8"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel