Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 59, 60 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 59, 60. Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Bab I  Hal 59, 60 Nomor 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 9 di halaman 59, 60. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 1 ips kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya Kelas 9 Halaman 59, 60 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab I IPS Kelas 9.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 59, 60 Aktivitas Kelompok

1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok
2. Setiap kelompok menelusuri budaya dari sejumlah negara di Asia, seperti bahasa, agama, karya seni, alat musik tradisional, dan lain-lain.
3. Catatlah hasil penelusuran pada tabel seperti berikut ini.
kunci jawaban ips kelas 9 halaman 59, 60 aktivitas kelompok
Jawaban :

1) Indonesia 
Bahasa : Indonesia
Agama : Katolik,  Islam, kristen, hindu, budha, dan  Kong Hu Cu
Karya seni : wayang kulit, batik, kain tenun

2) Singapura
Bahasa : Inggris, melayu, tamil, mandarin
Agama : Taoisme, kristen, hindu dan Islam
Karya seni : Banyaknya museum atau galeri yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke singapore. Alat musik tradisional : -

3) Malaysia 
Bahasa : Melayu
Agama : Islam, kristen, hindu, konghucu, taoisme dan budha
Karya seni : kain songket, labu sayong, guci tanah liat berwarna hitam mengkilap

4) Thailand
Bahasa : Thai
Agama : Budha
Karya seni : Arsitektur bangunan

5) Brunei Darussalam
Bahasa : Melayu
Agama : Islam sunni
Karya seni : seni bangunan mesjid, istana sultan, kaligrafi 

4. Buatlah sebuah tulisan yang menggambarkan dinamika penduduk salah satu negara di Asia. Setiap kelompok memilih satu negara yang menarik untuk dijadikan sebuah tulisan.
a. Judul
b. Nama Anggota Kelompok
c. Pendahuluan
d. Pembahasan
5). Jumlah dan Sebaran Penduduk
6). Komposisi Penduduk
7). Budaya
e. Kesimpulan
f. Daftar Pustaka
Jawaban :


“Dinamika Penduduk Negara Indonesia” 

(Pendahuluan)
Indonesia merupakan negara yang berbentuk negara kesatuan dengan  menempatkan pemerintah pusat sebagai suatu otoritas paling tinggi dan untuk wilayah-wilayah administratif yang terdapat di bawahnya menjalankan kekuasaan yang telah dipilih oleh pemerintah pusat guna didelegasikan.

(Pembahasan)
(Jumlah dan sebaran penduduk)
Jumlah penduduk Indonesia di tahun 2019 berjumlah sekitar 266 juta jiwa. Persebaran penduduk ini tidak merata, pulau dengan persebaran penduduk paling padat iyalah pulau Jawa dan Bali. Adapun pulau lain, seperti pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan pulau Papua merupakan pulau yang jumlah penduduknya sedikit.

(Komposisi Penduduk)
Komposisi penduduk adalah suatu pengelompokan penduduk dengan dasar kriteria tertentu dan adanya tujuan tertentu. Pengelompokan akan disesuaikan berdasarkan tujuan tertentu, seperti pengelompokan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, agama, mata pencaharian, tempat tinggal dan lain sebagainya.

(Budaya)
Kebudayaan Indonesia mempunyai karakteristik tersendiri karena dipengaruhi oleh berbagai berbagai faktor. Karakteristik kebudayaan bangsa Indonesia seperti adat istiadat, keindahan, bentuk rumah dan kebudayaan lain. Beberapa budaya Indonesia diakui oleh beberapa negara lain serta sudah tercatat oleh badan UNESCO.

(Kesimpulan)
Pada tahun 2019 jumlah penduduk Indonesia sekitar 266 juta jiwa, serta persebaran penduduk Indonesia tidak merata yang terkonsentrasi di p ulau Jawa dan Bali. Komposisi penduduk Indonesia dibagi menurut usia serta jenis kelamin, pendididikan, agama, mata pencaharian, tempat tinggal. Kebudayaan Indonesia dipengaruhi berbagai macam faktor dan memiliki karakteriktik yang bermacam-macam.

Daftar Pustaka
a. https://www.indonesia.go.id/profil/sistem-pemerintahan
b. https://www.kosingkat.id/2020/09/kunci-jawaban-ips-kelas-9-halaman-59-60.html

5. Sampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas!

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 59, 60 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel