Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 48, 49

Mari Uji Kemampuan Kalian

Mengingat dan Memahami 
1. Apa akibatnya jika homeostasis dalam tubuh manusia terganggu? 
Jawaban :

Jika homeostasis terganggu maka akan terjadi kelainan pada bioproses tubuh manusia, yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

2. Jelaskan bioproses yang akan terjadi di dalam tubuh manusia jika sedikit minum terkait dengan homeostasis cairan tubuh! 
Jawaban :

Jika sedikit minum maka jumlah air dalam darah menurun yang akan merangsang hipofisis menghasilkan ADH. ADH akan bekerja mereabsorpsi air di ginjal sehingga banyak air masuk kembali ke pembuluh darah. Dengan demikian maka kadar cairan di tubuh akan kembali normal (tubuh tidak kekurangan air). 

Mengaplikasikan 
3. Beberapa pendaki gunung seringkali mengalami hipotermia bahkan berakibat dengan kematian. Gejala yang sering terjadi adalah menggigil, berbicara cadel, bergumam, gagap, bibir berwarna kebiruan, denyut jantung lemah, dan tidak teratur. Gunakan informasi tersebut untuk menjelaskan bioproses yang terjadi terkait homeostasis suhu tubuh. Apa yang dapat kalian lakukan untuk menolong nyawa orang yang mengalami hipotermia? 
Jawaban :

Ketika ada yang hipotermia maka harus secepatnya meningkatkan suhu badan orang tersebut dengan cara mengganti pakaian basah dengan pakaian kering, memberikan jaket, segera menghubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan. Masih banyak cara lain disesuaikan dengan kondisi penderita hipotermianya.

Menalar 
4. Perhatikan diagram pengaturan kalsium berikut.Berdasarkan gambar, uraikanlah mekanisme bioproses yang akan terjadi jika kadar kalsium dalam darah tubuh manusia turun secara drastis!
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 48, 49
Jawaban :

Ketika kadar kalsium dalam darah rendah, paratiroid akan terangsang untuk menghasilkan parathormon. Parathormon akan merangsang pelepasan kalsium dari tulang, merangsang ginjal untuk mereabsorpsi kalsium, dan merangsang usus besar mengambil kalsium dari saluran pencernaan. Akibatnya jumlah kalsium darah akan naik kembali di dalam darah.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 48, 49"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel