Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 252, 253 Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Semester
2 Halaman 252, 253 Kurikulum Merdeka Bab 7 Menggunakan Data Hal 252, 253
Soal Ringkasan Nomor 1 - 2 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu
mengerjakan soal matematika bagi kelas 7 di semester 2 halaman 252, 253.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 252, 253 Kurikulum Merdeka
Gagasan Utama
1. Nilai manakah yang sesuai digunakan sebagai nilai representatif pada
(1) - (3) Jelaskan alasanmu.
(1) Berdasarkan data banyaknya penjualan baju setiap ukuran per tahun,
sebuah perusahaan baju akan memutuskan ukuran baju yang mana yang perlu
diproduksi lebih banyak pada tahun depan.
(2) Berdasarkan data sebelumnya mengenai hasil pertandingan lari 500 m
beregu antara dua tim, buatlah perkiraan tim mana yang akan menang pada
pertandingan mendatang.
(3) 15 siswa dalam suatu kelas bermain lempar bola tangan. Hasil
lemparannya diukur dan dicatat. Berdasarkan catatan tersebut, selidiki
apakah lemparanmu termasuk dalam 7 terbaik.
Jawaban :
(1) Modus
(Contoh) Ukuran yang paling laris tahun ini diharapkan laris tahun depan, sehingga digunakanlah modus.
(2) Rata-rata
(Contoh) Tim dengan catatan anggota rata-rata yang baik juga akan memiliki waktu estafet total yang lebih baik, jadi gunakan nilai rata-rata.
(3) Median
(Contoh) Dalam hal ini, median adalah rekor kedelapan dari yang terbaik. Jika rekor tersebut di atas median, dapat dinilai bahwa termasuk dalam 7 orang teratas, jadi di sini digunakan median.
(1) Modus
(Contoh) Ukuran yang paling laris tahun ini diharapkan laris tahun depan, sehingga digunakanlah modus.
(2) Rata-rata
(Contoh) Tim dengan catatan anggota rata-rata yang baik juga akan memiliki waktu estafet total yang lebih baik, jadi gunakan nilai rata-rata.
(3) Median
(Contoh) Dalam hal ini, median adalah rekor kedelapan dari yang terbaik. Jika rekor tersebut di atas median, dapat dinilai bahwa termasuk dalam 7 orang teratas, jadi di sini digunakan median.
2. Nyatakanlah bilangan-bilangan signifikan dari nilai pendekatan
berikut ini. Berapakah nilai absolut (mutlak) galat terbesar?
(1) 510.000.000 km2 (luas permukaan Bumi)
(2) 0,0350 mm (ukuran serbuk sari cemara)
Jawaban :
(1) 5,10 × 10⁸ km² Nilai absolut galat adalah 500.000 km² atau kurang
(2) 3,50 × 1/10² mm Nilai absolut dari galat adalah 0,00005 mm atau kurang
(1) 5,10 × 10⁸ km² Nilai absolut galat adalah 500.000 km² atau kurang
(2) 3,50 × 1/10² mm Nilai absolut dari galat adalah 0,00005 mm atau kurang
Penerapan
1. Tabel distribusi frekuensi di samping ini merangkum waktu tempuh dari
rumah ke sekolah siswa-siswa kelas VII dari Sekolah A dan Sekolah B.
Frekuensi relatif untuk setiap interval kelas dari Sekolah A disajikan
dengan diagram garis pada gambar di bawah. Jawablah pertanyaan berikut
ini.
(1) Tentukan frekuensi relatif untuk setiap kelas di Sekolah B dan
gambarlah grafik garis di samping kanan ini.
(2) Apa perbedaan antara dua kumpulan data? Berikan paling sedikit dua
perbedaan.
Jawaban :
(1) Jika dihitung frekuensi relatif tiap kelas B SMP, diurutkan dari atas 0,050, 0,225, 0,200, 0,150, 0,125, 0,100, 0,100, 0,050. Oleh karena itu, garis poligonal frekuensinya adalah sebagai berikut.
(2) Perbedaanya adalah :
- Di sekolah menengah pertama A, puncak (modus) lebih dekat ke kanan.
- Distribusi sekolah menengah pertama B tersebar di jangkauan yang lebih luas.
- Ada lebih banyak siswa di SMP B yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk pergi ke sekolah.
(1) Jika dihitung frekuensi relatif tiap kelas B SMP, diurutkan dari atas 0,050, 0,225, 0,200, 0,150, 0,125, 0,100, 0,100, 0,050. Oleh karena itu, garis poligonal frekuensinya adalah sebagai berikut.
(2) Perbedaanya adalah :
- Di sekolah menengah pertama A, puncak (modus) lebih dekat ke kanan.
- Distribusi sekolah menengah pertama B tersebar di jangkauan yang lebih luas.
- Ada lebih banyak siswa di SMP B yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk pergi ke sekolah.
Penerapan Praktis
1. Di antara dua pemain A dan B dipilih yang akan diajukan untuk
pertandingan lompat ski berikutnya. Histogram berikut ini merangkum data
lompatan pada kompetisi yang telah dilakukan selama ini. Jawablah (1) –
(3).
(1) Berdasarkan dua histogram di atas, nampak bahwa banyaknya lompatan
kedua pemain ini sama banyak. Hitunglah berapa kali mereka
melompat.
(2) Berdasarkan dua histogram tersebut, hitunglah rata-rata jarak
lompatan setiap pemain.
(3) Bandingkanlah dua histogram tersebut. Berdasarkan sifat-sifatnya,
jika akan dipilih satu pemain untuk pertandingan berikutnya, siapa yang
dipilih? Jelaskan alasanmu dengan membandingkan sifat-sifat dua histogram
tersebut.
Jawaban :
(1) 20 kali
(2) Pemain A: rata-rata = 2240 / 20 = 112 m
Pemain B: rata-rata = 2360 / 20 = 118 m
(3) Pemain B, alasannya karena nilai rata-rata 118 m untuk pemain B lebih baik daripada nilai ratarata 112 m untuk pemain A, hasil yang stabil dan baik dapat diharapkan.
(1) 20 kali
(2) Pemain A: rata-rata = 2240 / 20 = 112 m
Pemain B: rata-rata = 2360 / 20 = 118 m
(3) Pemain B, alasannya karena nilai rata-rata 118 m untuk pemain B lebih baik daripada nilai ratarata 112 m untuk pemain A, hasil yang stabil dan baik dapat diharapkan.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 252, 253 Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar