Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 190 - 192 Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Semester
2 Halaman 190 - 192 Kurikulum Merdeka Bab 5 Bangun Datar Hal 190 - 192 Soal
Ringkasan Nomor 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu
mengerjakan soal matematika bagi kelas 7 di semester 2 halaman 190 - 192.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 190 - 192 Kurikulum Merdeka
Gagasan Utama
1. Perhatikan jajargenjang ABCD di bawah ini, jawablah pertanyaan berikut
ini.
2. Gambar di bawah ini menunjukkan sinar garis AB yang ditarik dari titik
A yang terletak di garis XY. Jawablah pertanyaan berikut ini.
3 ∆DBE merupakan bangun geometri yang dihasilkan ketika ∆ABC diputar 90°
berlawanan jarum jam dengan titik B sebagai pusat, seperti ditunjukkan
pada gambar di bawah ini. Gambarlah ∆FGH yang merupakan hasil refleksi
∆ABC terhadap garis l sebagai sumbu pencerminan.
4. Empat segitiga siku-siku sama dan sebangun diberikan pada gambar di
bawah ini. Titik O adalah titik tengah segmen garis AC, dan garis l
merupakan bisektor tegak lurus dari segmen garis CD. Jelaskan bagaimana
transformasi berikut ini dilakukan.
Jawaban :
(1) Rotasi simetri titik dengan titik O sebagai titik pusat putaran.
(2) Refleksi dengan garis l sebagai sumbu releksi.
(3) Translasi dengan arah dari A ke F dengan panjang AF, lalu releksi dengan FD sebagai sumbu pencerminannya.
(1) Rotasi simetri titik dengan titik O sebagai titik pusat putaran.
(2) Refleksi dengan garis l sebagai sumbu releksi.
(3) Translasi dengan arah dari A ke F dengan panjang AF, lalu releksi dengan FD sebagai sumbu pencerminannya.
5. Sebuah ∆ ABC yang teletak pada bidang kartesius dengan koordinat
titik sudut A(1, 2), B(4, 1), C(3, 3).
Jawaban :
(1) Koordinat ∆DEF adalah D(-2,4), E(1,3), dan F(0,5).
(2) Koordinat ∆GHI adalah G(-2,1), H(-1,4), dan I(-3,3).
(1) Koordinat ∆DEF adalah D(-2,4), E(1,3), dan F(0,5).
(2) Koordinat ∆GHI adalah G(-2,1), H(-1,4), dan I(-3,3).
Penerapan
1. Lukis sudut dengan ukuran berikut ini. (1) 15° (2) 135°
(3) 105°
Jawaban :
Silahkan lukis menggunakan cara yang telah diajarkan atau menggunakan busur.
Silahkan lukis menggunakan cara yang telah diajarkan atau menggunakan busur.
2. Titik A berada pada keliling lingkaran yang berpusat di O,
seperti ditunjukkan pada gambar di samping kanan. Lukislah persegi ABCD
yang titik-titik sudutnya berada pada lingkaran.
3. ∆DEF merupakan bentuk geometri yang dihasilkan ketika ∆ABC
dirotasi. Temukan titik pusat rotasi O dengan cara melukisnya.
Penggunaan Praktis
Tomi sedang bercerita tentang letak rumahnya sambil melihat peta berikut
ini bersama Yuni. Bacalah pembicaraan mereka, kemudian jawablah
pertanyaan.
(1) Temukan posisi rumah Tomi dengan cara melukis, dan tandai posisi tersebut pada peta.
(2) Dua kemungkinan letak rumah Yuni dapat ditemukan. Kondisi apa yang perlu ditambahkan agar dapat ditemukan letak rumah Yuni sebenarnya? Berikan contoh kondisi tersebut.
(1) Temukan posisi rumah Tomi dengan cara melukis, dan tandai posisi tersebut pada peta.
(2) Dua kemungkinan letak rumah Yuni dapat ditemukan. Kondisi apa yang perlu ditambahkan agar dapat ditemukan letak rumah Yuni sebenarnya? Berikan contoh kondisi tersebut.
Jawaban :
(1) Jika menggambar garis tegak lurus pada segmen garis AC dan BC,titik perpotongannya adalah posisi rumah Tomi (Bisa juga menggunakan AB, BC atau segmen garis AB, AC)
(2) Jika mencari posisis rumah Yuni dengan dengan cara melukis, maka seperti gambar berikut, kemungkinan berada di dua titik Q dan R. Oleh karenanya, misalnya, jika ditambahkan kondisi seperti di bawah ini, maka dapat ditentukan ke satu jalan.
- Lebih dekat ke SD dibandingkan SMP → titik Q
- Berada dalam jarak di bawah 1 KM dari stasiun A
- Lebih dekat ke stasiun B dibanding stasiun A → Titik Q
(1) Jika menggambar garis tegak lurus pada segmen garis AC dan BC,titik perpotongannya adalah posisi rumah Tomi (Bisa juga menggunakan AB, BC atau segmen garis AB, AC)
(2) Jika mencari posisis rumah Yuni dengan dengan cara melukis, maka seperti gambar berikut, kemungkinan berada di dua titik Q dan R. Oleh karenanya, misalnya, jika ditambahkan kondisi seperti di bawah ini, maka dapat ditentukan ke satu jalan.
- Lebih dekat ke SD dibandingkan SMP → titik Q
- Berada dalam jarak di bawah 1 KM dari stasiun A
- Lebih dekat ke stasiun B dibanding stasiun A → Titik Q
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 190 - 192 Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar